Penampilan Remaja Dari Tahun Ke Tahun


Dari tahun ke tahun penampilan remaja terus mengalami perubahan. Gaya remaja dalam berperilaku di era 80-an akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan style remaja saat ini. Perbedaan itu terletak antara lain pada selera fashion, model rambut, cara bersosialisasi dan sebagainya. Adanya kecenderungan para remaja untuk memiliki tampilan khusus dipengaruhi oleh gaya hidup yang menjadi artis idolanya. Ungkapan bahwa seorang artis berpeluang besar menjadi seorang trendsetter memang ada benarnya.

Remaja tahun 80-an

Pada era tahun 80-an, gaya busana yang dipilih oleh para remaja saat itu adalah gaya busana ala rocker bagi remaja pria. Ciri-cirinya adalah dengan membuat rambut mereka gondrong seperti sarang burung, dan celana cutbray dengan kaos oblong. Selain itu, aksesoris gelang, ikat kepala, dan juga kacamata hitam seolah menjadi faktor pemanis penampilan mereka.

Sedangkan untuk remaja perempuan cenderung memilih busana dengan model dress vintage. Potongan bajunya sederhana dan memiliki panjang sampai di bawah lutut. Dengan penampilan seperti itu mereka tampak anggun. Khas Indonesia.

Remaja Tahun 90-an

Roda jaman terus berputar. Pada tahun 90-an gaya remaja dalam berpenampilan sudah berubah lagi. Pada saat ini model rambut pendek yang diroll ke belakang sempat menjadi tren, atau juga membiarkan rambut panjangnya yang bergelombang dan bervolume terurai dengan bebasnya. Bahkan agar bisa memiliki rambut seperti itu, seringkali rambut dijepit dengan roll rambut yang akhirnya bisa menghasilkan model rambut yang terlihat lebih bervolume.

Untuk remaja pria tidak banyak mengalami perubahan. Celana favorit tetaplah jeans, tapi tidak bermodel cutbray lagi. Cenderung lebih ramping model celananya. Kemeja-kemeja berlengan pendek juga sudah mulai marak pada saat itu.

Remaja era tahun 2000-an

Untuk remaja sekarang, celana jeans skinny menjadi salah satu item andalan. Bagi perempun,  kemana-mana memakai hot pants adalah hal biasa dengan rambut di rebonding sehingga terlihat panjang dan lurus. Jika kurang panjang, cara hair extension adalah jalan yang bisa dipilih. Untuk remaja pria, banyak yang membentuk rambutnya dengan model poni lempar, kaos atau kemeja ketat dan celana yang ketat pula. Penampilan artis-artis Korea adalah panduannya.

Demikian sekilas pandangan tentang transformasi tren penampilan remaja dari tahun ke tahun. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Masalah Penyimpangan Sosial Adalah Masalah Bangsa
Sebelumnya: Hujan Asam di Jerman yang Begitu Mengerikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar