Metode Penanganan Limbah di Masa Kini


Limbah saat ini merupakan salah satu sumber masalah terbesar di indonesia. Limbah – limbah tersebut tidak di buang atau di kelola dengan baik oleh warga sekitar. Sehingga menyebabkan bencana besar pada lingkungan dan juga keluarga mereka. Limbah tersebut berasal dari limbah rumah tangga, limbah pabrik, limbah pasar dan masih banyak lagi tempat – tempat yang banyak membuang sampah.

Menangani Limbah

Untuk menumbuhkan sikap kesadaran membuang sampah dan pengelolaan limbah sangatlah sulit. Dan apabila dibuat sebuah perbandingan untuk orang yang sadar akan penanganan limbah dengan orang yang acuh terhadap limbah yaitu 1: 100 jiwa.

Dapat kita lihat dengan jelas keadaan limbah yang berserakan di sudut-sudut kota besar seperti jakarta yang menimbulkan banjir. Meski jakarta merupakan ibukota negara indonesia tetapi banyak masyarakat yang belum sadar akan penanganan untuk limbah yang menjadi masalah mereka. Walau saat ini sudah ada pelopor lingkungan hidup yang membersihkan sepanjang sungai sanggrahan. Sungai sanggrahan merupakan salah satu sungai yang sangat banyak dibuangi limbah oleh warga sekitar baik individu atau kelompok.

Penanganan untuk limbah sekarang mulai gencar-gencarnya dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh bapak pembeli barang rongsokan atau barang bekas. Beliau membuat usaha tersebut bertujuan agar barang bekas yang dapat di olah kembali di beli untuk di perbaiki. Namun membelinya tidak dengan uang tetapi dengan menggantikan barang sesuai harga barang bekas tersebut.

Banyak juga organisasi-organisasi pecinta alam yang membuat beberapa metode untuk penanganan limbah. Seperti pembuatan mesin pengolah plastik menjadi bahan bakar, limbah seperti botol aqua yang di ubah menjadi air yang dapat di gunakan untuk listrik tenaga air, sisa-sisa sayuran untuk memberi makan unggas, dan cara membersihkan air bekas cucian dan limbah pabrik menjadi aman untuk di gunakan oleh warga.

Selanjutnya : Sekilas Tentang Tempat Hiburan Malam Di Blok M
Sebelumnya: Sejarah Lion Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar