Penanganan pada Kasus DHF

Masyarakat kerap digelisahkan dengan keberadaan nyamuk. Rasa gelisah tersebut, terlebih diakibatkan oleh adanya suatu nyamuk yang jika menggigit manusia, manusia akan terkena dhf. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan masyarakat.

Penyakit tersebut, jika tidak ditangangi dengan cepat, dapat menyebabkan kematian si penderita. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi jika terserang penyakit tersebut, agar nyawa dapat diselamatkan. Masyarakat pun harus memahami penanganan pada kasus dhf ini.

Loading...

Dhf atau juga seringkali disebut dengan Dengue haemoragic fever. Namun apakah yang dimaksud dengan dhf, dan bagaimana penanganan terhadap penyakit tersebut? yang disebut dengan penyakit dhf, yakni penyakit namun penyakit tersebut tak lain disebabkan oleh virus yang bernama virus dengue.

Virus dengu tersebut disebut juga dengan virus arbovirus. Kanapa bisa menjadi virus bagi tubuh manusia? Karena, melalui gigitan nyamuk, virus tersebut lantas masuk ke tubuh manusia.

Penyakit karena gigitan nyamuk ini, sebenarnya mempunyai ciri yang mudah dikenali. Sayangnya ciri tersebut seringkali sama dengan ciri-ciri demam lainnya.

Sehingga menjadi sulit untuk membedakan antara gejala penyakit ini dengan gejala sakit demam biasa. Gejala penyakit ini adalah merasa demam, namun sudah sampai pada taraf yang akut.

Selain itu penderita virus ini juga akan terjadi pendarahan jika sudah pada taraf lanjut. Yang paling membahayakan, jika tidak segera ditangai, akan penyebabkan kematian bagi si penderita.

Selain ciri di atas, di bawah ini ada ciri-ciri lain dari penderira dfh. Penderita akan pengalami demam yang tinggi serta mendadak. Deman tersebut terjadi dalam kurun waktu dua hingga tujuh hari.

Selain demam , penderita juga akan mengatasi muntah, perut pun merasa mual. Sehingga penderita tidak bernapsu untuk makan, dan terjadilah diare. setelah diare, maka akan terjadi pendarahan pada permukaan bawah kulit.

Pendarahan tersebut juga disertai dengan epistaksis, dan dilanjutkan dengan nyeri otot, tulang sendi, dan sakit kepala. Pada akhirnya akan terjadi pembengkakan disekitar mata dan juga pembesaran hati.

Jika sudah positif mengidap dhf, penanganan pada kasus dhf adalah dengan cara melakukan pemberantasan ke tempat-tempat yang mungkin dapat tertular.

Loading...
Selanjutnya : Sifat dan Kegunaan Timah
Sebelumnya: Contoh Pendahuluan dan Penutup Serta Daftar Isi pada Makalah Banjir
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar