Upaya yang Dilakukan Pemerintah dalam Penanggulangan Efek Rumah Kaca

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangan efek rumah kaca hingga saat ini belum mampu memangkas berbagai dampak yang dihasilkan dari efek rumah kaca tersebut. Pemerintah juga diyakini tidak terlalu serius membenahi masalah ini, dan salah satu faktor yang terus menerus menjadi kendala terbesar adalah adanya persoalan ekonomi yang turut serta mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk mengurangi efek rumah kaca dan global warming secara keseluruhan.

Populer sejak seorang fisikawan Perancis bernama Baptise Joseph Fourier yang mecipatkan istilah rumah kaca, yakni suatu keadaan dimana terjadi pemanasan dari permukaan suatu benda langit yang disebabkan oleh keadaan serta komposisi atmosfernya.

Loading...

Secara singkat, pemanasan yang berlangsung diakibatkan adanya kenaikan konsentrasi gas CO2 serta gas-gas lainnya yang terjadi diatmosfer. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor kegiatan yang dilakukan manusia dipermukan Bumi, diantara  hasil pembakaran batu bara maupun  minyak bumi. Kadar hasil pembakaran tersebut sdangat tinggi melebihi kemampuan tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Sebagai pihak yang turut bertanggung jawab dalam menguragi efek rumah kaca tersebut, dalam hal ini pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya, diatanranya :

Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi

Seperti yang tadi sempat dijelaskan di atas, upaya yang dilakukan pemerintah, salah satunya dengan membatasi penggunaan kendaraan pribadi belum mampu dipatuhi oleh masyarakat. Pengekaan aturan ini dinilai lamban dan kurang tegas. Terbukti dengan kondisi bahwa dari tahun  ke tahun, jumlah kendaraan pribadi malah semakin bertambah.

Berbagai regulasi telah dikeluarkan untuk mendukung aturan ini. Diantaranya dengan mengharuskan setiap keluarga hanya memiliki satu unit mobil maupun  motor. Hanya saja, aturan ini kurang diindahkan, sehingga menyebabkan pertambahan jumlah kendaraan pribadi terus meningkat dan menghasilkan dampak buruk yang berkelanjtan, salah satunya yakni efek rumah kaca itu sendiri.

Pencegahan kerusakan hutan

Persoalan klasik yang dihadapi oleh pemerintah salah satunya yakni banyaknya kasus penebangan hutan. Hutan sebagai salah satu yang dapat mencegah dampak buruh yang dihasilkan dari rumah kaca, malah dirusak keberadaannya. Lagi-lagi pemerintah kurang tegas dalam melakukan pencegahan ini, bahkan tak jarang ditemukan kasus penebangan liar yang menyerat beberapa oknum pemerintah.

Upaya mengurangi sampah

Kesadaran masyarakat untuk sedapat mungkin mengurangi sampah rumah tangga maupun pabrik-pabrik yang menghasilkan sampah industri masih tergolong kecil. Jumlah TPA (tempat pembuangan akhir) yang dibangun oleh pemerintah juga masih belum memadai, ditambah dengan pengelelolaan sampah yang belum maksimal.

Akhirnya, dalam hal ini dibutuhkan kesadaran dan kerjasama semua elemen masyarakat dalam mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangan efek rumah kaca untuk kepentingan bersama.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Sayuran dan Manfaatnya bagi Tubuh
Sebelumnya: Proses Penguraian pada Organ Pencernaan Lambung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar