Cara Penanggulangan Pencemaran Air Sungai


Sungai adalah salah satu sumber kehidupan bagi mahkluk sekitarnya. Namun, dewasa ini sungai di Indonesia banyak yang telah tercemar airnya. Oleh sebab itu, kali ini akan membahas cara penanggulangan pencemaran air sungai.

Sungai yang telah tercemar tak lagi menjadi sumber kehidupan bagi mahluk sekitarnya, tetapi malah justru menjadi sumber penyakit yang berbahaya.
Sungai-sungai di Indonesia sebagian besar telah tercemar, terutama sungai yang mengalir di wilayah perkotaan atau area industri. Hal ini terjadi karena banyak faktor yang melatarbelakanginya. Salah satu faktor penyebab pencemaran air sungai adalah kurangnya kesadaran masyarakat yang berada di wilayah sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) untuk tidak membuang sampah di sungai.

Sampah yang dibuang ke sungai ini tak hanya mencemari air sungai, tapi juga menjadi salah satu penyebab banjir dan menggunungnya sampah di pintu air. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diadakan penyuluhan terhadap masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya dan diikuti dengan pembangunan infrastruktur pendukung kebersihan yang memadai, misalnya menyediakan tempat sampah dibeberapa lokasi dan sebagainya.

Selain kurangnya kesadaran masyarakat, pihak dari kalangan industri di Indonesia juga kerap menjadi dalang pencemaran air sungai karena membuang limbah industri berbahaya langsung ke sungai. Hal ini membuat air sungai tercemar dengan limbah berbahaya dan membunuh kehidupan yang ada di sungai. Cara menanggulangi pencemaran air sungai ini adalah dengan cara melarang kalangan industri untuk membuang limbah ke sungai dan menerapkan denda yang tinggi bagi perusahaan yang nakal.

Selain itu, perlu adanya sosialisasi dikalangan perusahaan atau industri untuk mengelola limbah terlebih dahulu sebelum dibuang untuk menghilangkan zat-zat berbahaya yang dapat mencemari lingkungan. Pemerintah setempat juga perlu melakukan pengecekan terhadap air sungai secara reguler untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada air sungai.

Sungai yang bersih dan bebas pencemaran akan menjadi sumber kehidupan dan memberikan manfaat bagi mahluk yang tinggal disekitarnya. Kita dapat melihat Eropa sebagai contoh yang baik, di mana sungai benar-benar di jaga dan menjadi salah satu sumber keindahan sebuah kota. Penanggulangan pencemaran air sungai ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah setempat tapi juga seluruh masyarakat karena keduanya dapat bersinergi untuk mewujudkan sungai yang bersih.

Selanjutnya : Pesona Pegunungan Latimojong
Sebelumnya: Pengertian Bunga Begonia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar