Pencemaran Suara, Dampak, dan Cara Menanggulanginya


Ada banyak jenis pencemaran yang terjadi di bumi ini, yaitu ada pencemaran air, tanah, dan udara. Di samping ketiga jenis pencemaran yang telah disebutkan, ada pula pencemaran suara. Di dalam artikel ini akan dibahas pencemaran suara, dampak, dan cara menanggulanginya, agar kita dapat mengetahui cara yang tepat dalam mengurangi pencemaran.

Pencemaran Suara

Pengertian dari pencemaran suara adalah lingkungan yang menjadi tidak nyaman disebabkan adanya suara yang bising. Suara bising dianggap sebagai zat polutan yang membuat lingkungan menjadi tercemar atau menyebabkan pencemaran suara terjadi. Bising adalah bunyi yang mencapai daya tertentu dengan intensitas yang terlalu keras dan banyak, sehingga sampai menyebabkan siapa saja yang merasakannya akan mengalami rasa tidak nyaman.

Sumber bunyi bising dapat berasal dari berbagai hal, misalnya bunyi mesin industri yang terlalu keras, kendaraan bermotor yang lalu lalang dalam jumlah yang banyak dan intensitas yang kerap, serta bunyi dari pesawat terbang yang juga terlalu keras. Jadi, pencemaran suara ini dapat ditemukan di dalam pabrik dan daerah sekitarnya, jalan raya yang penuh dengan kendaraan bermotor, serta daerah dekat pendaratan dan penerbangan pesawat terbang.

Dampak dari pencemaran suara akan menyebabkan seseorang mendengarkan bunyi bising yang benar-benar tidak nyaman. Karena bunyi bising tersebut, aktivitas akan terganggu karena tidak dapat berkonsentrasi. Jika intensitas dari kebisingan dialami dengan terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka kebisingan tersebut akan menyebabkan kecacatan dalam indra pendengaran secara permanen.

Cara menanggulangi adanya pencemaran suara ini salah satunya adalah dengan menciptakan alat peredam suara. Sejak zaman dahulu, ada alat atau bahan konvensional yang mudah ditemukan untuk meredam suara, seperti kapas atau karpet.

Namun saat ini, industri yang lebih besar telah mencanangkan pembangunan bangunan peredam bising. Bangunan ini dibuat dengan tinggi dan tebal tertentu serta dari bahan tertentu yang telah dibuat mampu meredam bunyi yang terlalu bising.

Demikianlah ulasan tentang pencemaran suara, dampak, dan cara menanggulanginya. Ulasan ini dapat menjadi gambaran bagi pencemaran yang terjadi di sekitar lingkungan kita. Selain itu, semoga ulasan mengenai pencemaran ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Selanjutnya : Kartun Statistik Larry Gonick, Contoh Pelajaran Statistik yang Menyenangkan
Sebelumnya: Harga Kelinci Peliharaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar