Pencemaran Suara dan Cara Penanggulangannya


Pencemaran suara adalah kondisi dimana terdapat suara yang masuk terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan hidup manusia.

Pencemaran ini bisa dikatakan sebagai  ancaman serius bagi kualitas hidup manusia, terutama suasana. Kerusakan yang terjadi akibat polusi suara bisa dikatakan beda dengan polusi udara maupun polusi air, karena bersifat setempat.

Beberapa sumber polusi suara berasal dari berbagai sumber, diantaranya adalah:

•    Kebisingan, yakni suara yang sangat mengganggu dan merusak pendengaran manusia

•    Suara atau bunyi dengan intensitas tinggi, misalnya suara yang dikeluarkan oleh beberapa mesin industri, kendaraan bermotor, pesawat terbang, suara kereta api, petir, dan lain sebagainya.

Suara-suara dengan intensitas tinggi yang jika berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, maka bisa mengganggu kehidupan manusia, menjadi penyebab stress dan gila, dan juga bisa menyebabkan cacat pendengaran yang permanen.

Stress dan gila Akibat polusi suara tersebut sudah jelas, karena orang yang tinggal di lingkungan tersebut sulit mendapat kenyamanan dan ketenangan.

Padahal semua makhluk hidup pasti mendambakan ketenangan dan rasa aman dalam kehidupannya, sehingga dibutuhkan pengetahuan akan dampak yang ditimbulkan oleh polusi suara dan cara penanggulangannya.

Tahukah Anda, bahwa polusi suara ini bisa ditanggulangi jika setiap manusia sadar akan pentingnya kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Mungkin dampak polusi suara tidak terlihat secara kasat mata, namun dampaknya bisa dirasakan langsung oleh organ tubuh. Nah, Upaya Penanggulangan polusi suara, diantaranya adalah:

-    Mengelompokkan ruangan yang berpotensi memiliki kebisingan tinggi

-    Penggunaan material yang dapat menyerap suara dengan baik

-    Membuat bangunan dengan permukaannya tidak rata untuk menyebarkan suara

-    Gunakan penutup telinga yang berfungsi mengurangi intensitas suara yang masuk.

-    Perijinan yang ketat dan prosedural dari pemerintah untuk membangun fasilitas umum, misalnya pabrik, bandara, menara sutet, dan lain-lain. Alasan lain yang membuat perlunya perijinan yang ketat karena selain menimbulkan polusi suara, keberadaan beberapa bangunan tersebut dapat menimbulkan pencemaran udara, lingkungan, dan air.

-    Meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor

Demikian informasi dari kami, semoga artikel tentang pencemaran suara diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Gema dari Bunyi Pantul dapat Menyebabkan Bunyi Asli Tidak Jelas
Sebelumnya: Sejumlah Efek Penggunaan Rumah Kaca
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar