Thomas Endrew – Sang Pencipta Kapal Titanic

Cerita tentang kapal Titanic, termasuk pencipta kapal Titanic, selalu menjadi perbincangan yang menarik hingga saat ini. Thomas Andrew Jr. adalah salah satu arsitek dari kapal Titanic yang megah itu. Kapal yang karam setelah menabrak gunung es di Samudera Atlantik bagian utara pada tahun 1912 itu. Salah satu kecelakaan kapal terbesar di dunia yang menewaskan 1.517 orang termasuk sang arsitek. Pengawal pelayaran perdana dari kapal Titanic yang mahal.

Jejak Langkah

Thomas Andrew lahir pada tanggal 7 Februari 1873 di Irlandia. Ia menikah dengan Helen Reilly Barbour yang tidak lain adalah putri dari John Doherty Boarbour yang dikenal dengan nama “Elba”. Mereka memiliki seorang putri yang bernama Elizabeth yang harus ditinggalkannya karena Thomas Andrew ikut tenggelam bersama kapal yang ia buat.

Thomas Andrew mengawali karirnya di dunia perkapalan dengan magang di perusahaan pembuatan kapal Harland & Wolff. Mulai dari pemula hingga mencapai level tertinggi sebagai kepala departemen draughting di perusahaan ini. Keseriusan dan ketekunannya dalam bekerja membuatnya mampu menguasai semua pekerjaannya dengan baik. Hal ini membuatnya disukai atasannya hingga ia mendapatkan posisi yang penting di perusahaan tersebut.

Selama 18 tahun terakhir di Harland & Wolff ia bertugas sebagai juru gambar untuk pembuatan kapal. Keahliannya dalam merancang kapal membawanya menjadi anggota dari lembaga Naval Architects di tahun 1901. Pada tahun 1907 ia diberi tugas untuk mengawasi perancangan untuk pembuatan kapaluntuk White Star Line yang dinamakan Titanic. Kapal megah yang karam pada pelayaran pertamanya dengan tragis.

Kecelakaan Tragis

Kecelakaan kapal Titanic hingga kini masih menjadi perdebatan mengenai penyebabnya. Termasuk rumor mengenai reinkarnasi Thomas Andrew yang mengungkap banyak hal yang belum terungkap dari kecelakaan tragis itu. Namun, satu hal yang diingat banyak orang bahwa ia termasuk sosok yang menjadi penyelamat dan rela berkorban dalam kecelakaan itu. Bahkan, ia berikan semua alat penyelamat kepada para penumpang dengan tidak mempedulikan keselamatannya sendiri.  Hingga nyawanya turut karam bersama kapalnya.

Sampai kini, mayatnya tidak ditemukan dan menyatu bersama Samudera Atlantik. Namun, kiprahnya dalam penciptaan dan perjuangannya demi keselamatan penumpang kapal luar biasa ini selalu dikenang. Itulah sosok Thomas Endrew sang pencipta kapal Titanic. Salah satu tokoh yang juga digambarkan sosoknya dalam film Titanic yang terkenal. Kapal megah dengan sejuta cerita yang  berakhir tragis di Samudera Atlantik.

Selanjutnya : Tips Mudah dalam Wawancara Inggris
Sebelumnya: Begini Caranya Perbaiki Sol Sepatu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...