Pencipta Permainan Catur


Bangsa Cina sebagai pencipta permainan catur ternayata tidak membuat catur seperti sekarang. Pada saat itu bentuk catur adalah hanya bulat. Jumlah buah catur pun hanya 4.

Tetapi catur bangsa Cina ini telah mempunyai aturan mirip dengan aturan permainan catur saat ini. Catur dianggap sebagai permainan mengasah strategi perang.

Berbagai posisi bagaimana memenangkan pertempuran baik tanpa mengorbankan sesuatu maupun harus dengan mengambil posisi berkorban agar jalan kemenangan bisa terbuka.

Penyebaran Permainan Catur

Pencipta permainan catur disebutkan adalah bangsa Cina. Pendapat ini paling tidak telah melalui analisis mendalam dan penelitian yang cukup mendetail yang dilakukan oleh Muhammad Ismail Sloan. Dari apa yang diutarakan oleh Sloan inilah bisa diketahui bahwa catur ini malah bukan disebarkan oleh bangsa Cina.

Yang menarik adalah bahwa catur ini awalnya disebarkan mulai dari India. Yang menyebarkannya orang-orang muslim yang berdagang ke seluruh dunia.

Catur pun menjadi salah satu permainan yang banyak dimainkan pada masa kekhalifahan Islam di Arab Saudi. Malah ada data yang mengatakan bahwa catur telah ada sejak zaman khalifah Ali bin Abu Thalib. Penglima Islam yang bernama Khalid bin Walid sering juga bermain catur.

Bisa dipahami kalau panglima Islam nan hebat itu senang bermain catur. Permainan yang mengasah ketrampilan strategi ini akan membuat otak menjadi aktif.

Khalid bin Walid perlu membuat otaknya selalu segar. Ia harus membuat strategi perang yang jitu. Kalau bisa menang tanpa harus mengorbankan banyak nyawa.

Catur Ke Benua Lain

Peradaban Islam yang kian maju, membuat banyak bangsa lain berada dalam kekuasaan Islam. Bangsa Eropa menjadi bagian dari kekuasaan Islam.

Catur pun turut mewarnai peradaban itu. Dari kehadiran Islam di Eropa inilah, orang-orang di benua asal revolusi ekonomi tersebut mengenal catur.

Sebagai bangsa yang telah melek teknologi, orang Eropa membuat permainan catur kian maju hingga dikenal bentuk catur seperti sekarang ini. Modifikasi dan inovasi pada buah catur dan peraturannya banyak dilakukan oleh bangsa Eropa.

Bangsa Indonesia sendiri mengenal catur dari kaum bangsa penjajah seperti Belanda. Kini catut telah menjadi salah satu permainan yang mendatangkan banyak keuntungan bagi para pemain profesional.

Tidak hanya menjadi kian cerdas, banyak juga anak-anak muda yang akhirnya mendapatkan banyak kesempatan ke luar negeri dan kesempatan mendapatkan beasiswa karena catur.

Pencipta permainan catur yang paling awal mungkin tidak berpikir bahwa permainan asah otak ini akan berkembang seperti sekarang ini.

Selanjutnya : Apa itu Mad Arid Lisukun?
Sebelumnya: Spesifikasi dan Keunggulan Kecepatan New Xeon RC
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar