Sekilas Sejarah dan Pencipta Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu penemuan olah raga yang mengagumkan. Namun, tidak banyak yang tahu sejarah dan pencipta permainan sepak bola sebenarnya. Hal itu karena banyaknya pendapat mengenai jenis permainan bola zaman dahulu yang dianggap sebagai akar permainan sepak bola.

Sebagian berpendapat bahwa permainan ini telah ada sejak masa sebelum masehi. Orang Yunani memiliki permainan ‘Episkyros’ dengan jumlah 27 orang pemain dalam satu tim. Bola yang digunakan adalah bola kecil serta stik untuk mengendalikan bola. Peraturan permainannya mirip dengan permainan Rugby yang dikenal sekarang.

Begitu pula dengan permainan ‘Harpastum’ yang dimiliki bangsa Romawi. Juga menggunakan stik dimainkan dengan cara menahan bola selama mungkin. Kedua permainan ini dipercaya sebagian orang sebagai cikal bakal permainan sepak bola.
Di masa China kuno, terdapat permainan populer yang disebut ‘Tsu-Chu’ yang berarti menendang bola. Permainan ini diperkirakan muncul pada masa Dinasti Tsin pada tahun 225 hingga 206 sebelum masehi. Mulanya permainan ini diperuntukkan bagi para tentara selama dalam pelatihan.

Bola yang digunakan terbuat dari kulit. Mirip dengan permainan sepak bola modern, aturannya masing-masing tim harus memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Bedanya, gawang pada permainan Tsu-Chu memiliki ketinggian tiang 30 kaki atau sekitar 9 meter. Dipercaya kuat bahwa Tsu-Chu adalah akar dari peraturan permainan sepak bola modern yang ditetapkan oleh Asosiasi Persepakbolaan.

Pada tahun 1000 setelah masehi, sepak diperkirakan telah masuk ke Eropa. Permainannya telah berpusat pada permainan kaki. Meskipun masih brutal, peraturannya sedikit mirip dengan peraturan yang ada kini. Namun, karena kebrutalannya permainan ini sempat dilarang di Inggris pada masa Raja Edward berkuasa (1307-1327).

Sekitar 400 tahun kemudian sepak bola muncul kembali dengan aturan permainan yang terus berkembang. Hingga pada akhirnya Asosiasi Persepakbolaan dunia menentukan sistem dan aturan permainan yang baku di seluruh dunia pada tahun 1863. Hingga kini, aturan tersebutlah yang digunakan sebagai pedoman permainan sepak bola modern.

Pencipta permainan sepak bola tidak menuju kepada satu orang atau satu bangsa tertentu. Namun, muncul dari beragam peradaban bangsa-bangsa di belahan bumi tertentu. Tentunya, hal itu adalah salah satu alasan mengapa sepak bola begitu digemari dan populer di seluruh dunia hingga kini.

Selanjutnya : Sejarah Perkembangan Aliran Naturalisme
Sebelumnya: Pemain NBA yang Muslim
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini