Joko Pinurbo – Pencipta Puisi Terkenal di Indonesia


Para penikmat puisi tentu tak asing lagi dengan nama Joko Pinurbo atau yang sering disingkat Jokpin. Pengarang buku kumpulan puisi berjudul Celana ini adalah salah satu pencipta puisi terkenal di Indonesia. Joko Pinurbo ini pernah meraih penghargaan dari majalah Tempo pada tahun 2012 lalu mengalahkan Novel yang berjudul Amba yang merupakan karya Laksmi Pamutjak.

Karya Puisi Joko Pinurbo

Karya puisi Joko Pinurbo yang mampu menyabet gelar penghargaan dari majalah Tempo ini adalah berupa buku kumpulan puisi berjudul Tahilalat yang didalamnya terdapat 55 karya puisi terbaik hasil ciptaan Joko Pinurbo. Karya Puisi Joko Pinurbo memang memiliki kekuatan dan keunikan pada sajak dan syair panjangnya.

Tapi penyair ini juga memiliki karya puisi atau sajak yang sangat pendek. Sayangnya, sajak pendek karya Joko Pinurbo ini mendapatkan cukup banyak kritikan karena terlalu pendek dan membuatnya menjadi kurang berbobot. Meski demikian, Joko Pinurbo tetap percaya diri dengan puisi ciptaanya.

Joko Pinurbo adalah salah satu pencipta puisi cukup terkenal di Indonesia yang lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 11 Mei 1962. Karya pertama Joko Pinurbo ini adalah kumpulan puisi yang berjudul Celana. Sebelum berkarya, Joko Pinurbo telah melahap pelbagai karya sastra yang sebagian besar berupa puisi dan syair hasil karya sastrawan terkenal di Indonesia.

Joko Pinurbo ini mempelajari puisi selama lebih daru 20 tahun, tetapi saat itu ia belum satu pun menghasilkan karya puisi. Karya pertama Joko Pinurbo yang berupak kumpulan puisi berjudul Celana ini pertama kali terbit pada tahun 1999 lalu. Dibalik judul kumpulan puisi unik ini, Joko Pinurbo mengatakan bahwa dirinya memilih judul Celana karena kata Celana ini belum pernah digunakan oleh sastrawan lainnya. Setelah sukses dengan Celana, Joko Pinurbo kemudian menghadirkan karya kumpilan puisi yang juga cukup sukses, yakni kumpulan puisi berjudul Tahilalat.

Sebagai salah satu pencipta puisi terkenal di Indonesia, Joko Pinurbo juga memiliki karya yang cukup fenomenal, yakni kumpulan puisi berjudul Kepada Cium yang meluncur pada tahun 2007. Apa istimewanya kumpulan puisi Kepada Cium karya Joko Pinurbo ini? Keistimewaanya adalah penjualan yang cukup fantastis untuk sebuah karya kumpulan puisi, yakni terjual 1.000 eksemplar dalam waktu satu bulan saja. Terus berkarya, Joko Pinurbo!

Selanjutnya : Kilas Balik Sejarah Romawi
Sebelumnya: Global Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar