Pendahuluan Proposal


Proposal adalah salah stau karya tulis yang ditulis dengan adanya sebuah tujuan tertentu. Di dalam proposal terdapat beberapa bagian yang menjadi penyusun dari isi proposla tersebut. Salah satu bagian darinya adalah pendahuluan proposal.

Pendahuluan dalam proposal adalah bagian yang berada di awal dari propoal itu sendiri. Bagian pendahuluan ini sendiri dibagi menjadi beberapa bagian tersendiri. Berikut ini adalah beberapa bab yang ada di bagian pendahuluan dalam proposal.

1. Latar belakang. Latar belakang adalah penjelasan mengenai alasan penulisna proposal tersebut. Juga segala hal yang melatarbelakangi penulis untuk membuat proposal yang ia tulis. Semua alasan yang dituliskan di dalam latar belakang ini adalah hal yang membuat penulis membuat proposalnya.

2. Rumusan Masalah. Bab ini mengenai penjelasan lebih mendetail mengenai latar belakang yang diambil oleh penulis dalam menulis proposalnya. Rumusan masalah akan berkaitan seputar apa saja yang akan dibahas di dalam proposal yang ada.

3. Batasan masalah. Batasan masalah ini akan membatasi pembahasan masalah yang akan dibahas di dalam proposal yang ada.

4. Tujuan penulisan. Di dalam bab ini akan disebutkan tujuan apa saja yang hendak diraih oleh penulis di dalam penulisan proposal yang ia lakukan. Tujuan yang dimaksudkan adalah baik itu tujuan ia sendiri maupun tujuan umum yang dapat dirasakan oleh orang lain.

5.Manfaat atau harapan. Dalam bab ini akan dituliskan oleh penulis mengenai manfaat ataupun harapan dari penulis mengenai proposal yang ia tulis.

6. Hipotesis. Dari semua rumusan masalah yang telah dicantumkan dan juga tujuan yang hendak dicapai di dalam penulisan dari proposal tersebut maka tentunya akan dilakukan penelitian atau hipotesis untuk mendukung tercapai semua hal tersebut. Di dalam bab inilah akan dijelaskan mengenai hipotesis apa yang akan dilakukan untuk mendukung penulisan dari proposal yang ada.

7. Metodologi penelitian. Di dalam bab ini akan lebih dijelaskan mengenai metode atau langkah penelitian yang dipakai di dalam penulisan proposal yang ada.

Itulah beberapa bab atau bagian yang ada di dalam pendahuluan proposal yang biasa ada.

Selanjutnya : Tips Kado Anniversary Kedua
Sebelumnya: Mengenal Biografi Tokoh Budaya Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar