Pendapat Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Eropa


Pendapat bangsa indonesia terhadap bangsa eropa kini menganggap bahwa bangsa Eropa merupakan bangsa yang memiliki peradaban tinggi. Mungkin hal ini disebabkan karena dulunya Indonesia adalah negara jajahan dari negara-negara di Eropa. Selain itu juga karena Eropa merupakan negara yang maju dalam peradaban.

Dulu, Indonesia dijajah karena memiliki daya pikat tersendiri. Tentu saja karena potensi alamnya yang melimpah dan bisa dijadikan sebagai komoditas dagang bagi para penjajah. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Rempah-rempah adalah sesuatu yang dicari oleh para penjajah Eropa sehingga mengantarkannya ke negeri ini. Bahkan, Belanda berhasil menjajah Indonesia hingga ratusan tahun. Tidak lain semua itu karena potensi dan sumber daya alam yang sangat melimpah di negeri lohjinawi ini.

Dulu, ibu kota Romawi timur yakni pasca jatuhnya Konstantinopel membuat putusnya hubungan dagang ke dunia timur sehingga menyebabkan Barat mencari jalan lain sendiri ke pusatnya rempah-rempah yang ada di Asia. Selain itu juga berkembang teknik pelayaran serta telah ditemukannya kompas. Kompas merupakan alat bantu dalam menentukan arah serta posisi laut yang sangat efektif. Bangsa Barat juga membuat kapal agar bisa membuat cepat dalam bergerak serta bisa lebih memudahkan. Selain itu juga diperbaiki kostruksinya serta dipadukan dengan layar yang bentuknya segitiga dengan ada tali temali perseginya.

Padahal, dulunya jika mengingat kata Eropa di abad pertengahan, bangsa ini adalah bangsa yang masih sangat jauh tertinggal dibanding dengan negara-negara lain. Pada abad pertengahan, bangsa Eropa masih primitif dengan kemiskinan yang juga merajalela dan peradaban yang tertinggal.

Di sana belum ada penemuan-penemuan. Pendidikan juga masih tidak diprioritaskan. Namun kini, Eropa menjadi bangsa yang menggeliat dan terus berkembang. Berbagai penemuan ilmiah ditemukan untuk kemajuan bangsa ini. Universitas-universitasnya beserta industrinya maju dan semakin berkembang. Seluruh bidang di sana seakan berbenah menjadi negara-negara yang berlomba-lomba untuk maju di semua bidang.

Demikianlah, artikel mengenai pendapat bangsa Indonesia terhadap bangsa eropa yang cenderung masih menganggap wah. Padahal sebenarnya jika potensi Indonesia digali secara maksimal tentu bisa mengungguli bangsa Eropa.

Selanjutnya : Keunggulan Produk Avanza, Mobil Sejuta Umat
Sebelumnya: Karbohidrat Menjadi Lemak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar