Menelisik Pendapat Lagu Indonesia di Malaysia

Betapa pentingnya menelisik pendapat lagu Indonesia di Malaysia. Mengingat banyak terjadinya kasus pembajakan serta pengaburan identitas beberapa waktu yang lalu. Dimana beberapa lagu daerah warisan sejarah nusantara secara sengaja digunakan dalam promosi komersial negara tetangga.

Pengalaman Lagu Indonesia Berjaya di Malaysia

Seharusnya bangsa Indonesia merasa bangga dengan prestasi dan kreasi anak bangsa. Salah satu buktinya adalah di bidang musik, dimana beragam lagu gubahan musisi Indonesia berhasil menarik simpati banyak pendengar baik lokal maupun mancanegara. Termasuk negara tetangga terdekat, yakni Malaysia. Banyak faktor yang mendorong alasan musik atau lagu-lagu Indonesia begitu laris manis dan digandrungi oleh masyarakat asli Malaysia. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Jenis lagu Indonesia yang beragam dan kaya genre musik. Tidak dipungkiri Indonesia sebagai negara dengan kepulauan besar memang memiliki kaya ragam khasanah musik. Selain ada jenis lagu adat setiap daerah, ada juga lagu pop, dangdut, keroncong, langgam Jawa, SKA, Jazz dan masih banyak lagi. Perpaduan musik yang beragam tersebut bisa melahirkan kreasi jenis musik. Bandingkan dengan Malaysia yang berfokus di musik Melayu dan lagu Pop saja.
  • Easy listening. Melodi lagu Indonesia sangat ringan, mudah dipahami dan bisa dilafalkan dengan cepat. Ditambah irama lagunya yang masuk di hati. Jadi begitu fasihnya lagu Indonesia didendangkan dan digandrungi seketika.
  • Mengidolakan artis. Mungkin tidak menjadi soal jika fans mengidolakan para artis favoritnya. Begitu pula dengan masyarakat Malaysia yang juga menggemari artis Indonesia. Sebut saja seperti Agnes Monica, Syahrini, Kris Dayanti, Melly Guslow, UNGU Band, DEWA dsb. Secara tidak langsung hal tersebut membuat penggemar juga mengagumi atas lagu-lagu karya artis idolanya.

Bukti Animo Fans di Malaysia

Kesuksesan musik tanah air dan berjaya di manca negara ditunjukkan dengan banyaknya pendapat lagu Indonesia di Malaysia. Kebanyakkan mereka merasa lagu Indonesia begitu dahsyat baik dari syair kata-katanya, musik yang dibawakan serta artis yang menyanyikan. Sehingga mereka benar-benar terhibur, puas dan terus ingin mengundang artis idolanya manggung kembali di Malaysia.

Berikut bukti animo fans di Malaysia, yang santer diberitakan di telivisi adalah:

  • Keluarga bangsawan dan Kerajaan Malaysia selalu mengundang khusus para artis Indonesia setiap tahunnya. Salah satu artis yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya adalah Kris Dayanti diva top Indonesia.
  • Ada juga beberapa agensi khusus di Malaysia yang mengontrak artis Indonesia mengadakan konser besar di kota Malaysia. Seperti halnya artis fenomenal dan bersinar anggun seperti Syahrini.
  • Adanya kerjasama sebagian industri musik di Malaysia dengan musisi Indonesia. Salah satunya dengan mengajak acara duet bersama dengan penyanyi atau band kenamaan Indonesia. Contohnya mengundang band Noah duet dengan penyanyi Afgan.

Demikian uraian singkat tentang pendapat lagu Indonesia di Malaysia. Semoga memberikan informasi berguna.

Selanjutnya : Contoh Surat Pengantar dari PT ke PT untuk Kepentingan Perusahaan
Sebelumnya: Tips Menjadi Staff Administrasi yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...