Pendapat Para Ahli Tentang Teori Darwin


Charles Darwin adalah seorang tokoh dunia yang meneliti tentang evolusi. Bicara tentang evolusi sudah pasti berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam. Teori evolusi adalah ilmu biologi yang membahas tentang asal mula makhluk hidup.

Menurut Darwin, spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup sebelumnya. Evolusi ini terjadi melalui seleksi alam. Dalam seleksi alam, makhluk hidup yang dapat beradaptasi dengan kondisi alam baru akan mampu bertahan hidup. Dalam menyikapinya, banyak  pendapat para ahli tentang Darwin ini.

Dalam bidang keagamaan, teori ini cukup memberikan pengaruh yang besar. Banyak sekali para penganut agama Nasrani yang percaya pada teori ini. Hal ini kemudian menyebabkan lunturnya kepercayaan umat beragama. Teori ini juga mempengaruhi perubahan cara pandang manusia. Mereka beranggapan bahwa manusia tidak menduduki posisi pusat, melainkan merupakan bagian dari makhluk hidup lain.  Hal ini memungkinkan suatu hari nanti manusia akan berevolusi menjadi makhluk lain.

Pendapat Para Ahli Tentang Teori Darwin

Ada beberapa pendapat para ahli tentang teori ini, antara lain:

  • Golongan agama yang menganut teori penciptaan menentang teori ini. Menurut mereka, tidak mungkin manusia berasal dari kera. Manusia diciptakan Tuhan dengan segala kesempurnaannya, dan berbeda dengan kera.
  • Thomas Henry Huxley dan Yoseph Hooker menyetujui teori ini. Menurut mereka ada banyak kesamaan antara manusia dan kera. Hal ini memungkinkan terjadinya evolusi dari kera menjadi manusia.
  • Morgan, Goldschmidt, Dobzhansky, dan Mayr mengkritik teori ini.
    Dalam teori evolusi Charles Darwin dijelaskan bahwa manusia modern berevolusi dari sejenis makhluk yang mirip kera. Selama proses evolusi ini dinyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk peralihan antara manusia modern dan nenek moyangnya. Namun, hingga sekarang teori Darwin ini tidak bisa dibuktikan.

Dalam kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur’an, dijelaskan bahwa manusia pertama adalah Nabi Adam a.s.. Adam adalah ciptaan Allah yang dibekali dengan akal sehingga memiliki kecerdasan. Ia bisa menerima ilmu pengetahuan dan mengatur kehidupannya sendiri.

Inilah kelebihan manusia dari makhluk lain yang Allah ciptakan untuk menjadi khalifah di dunia. Dari Adam inilah cikal bakal manusia di seluruh permukaan bumi ada. Melalui pernikahannya dengan Hawa, Adam melahirkan keturunan yang menyebar ke berbagai benua di seluruh penjuru bumi. Ini juga termasuk salah satu pendapat para ahli tentang teori evolusi Darwin.

Selanjutnya : Mengenal Program Komputer
Sebelumnya: Dampak Negatif Merokok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar