Pendapatan Per Kapita Negara di Asia Tenggara


Pendapatan per kapita negara di asia tenggara akan dibahas dalam artikel kali ini. Mengenai posisi pendapatan per kapita negara Indonesia di Asia Tenggara serta negara mana yang memiliki pendapatan per kapita paling besar di Asia Tenggara? Mari, baca artikel ini hingga tuntas.

Ternyata, Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya, pendapatan per kapitanya termasuk sangat kecil. Walaupun jika diakumulasi, pendapatannya sangat besar dibandingkan dengan negara lainnya. Sebagai contoh pada tahun 2009, pendapatan per kapita Indonesia ialah 5939.377.000.000 USD. Nilai ini dibandingkan dengan negara lain sudah sangat besar. Namun jika Anda lihat pendapatan per kapitanya hanya $2.329, tentu saja jumlah ini sangat sedikit apabila kita bandingkan dengan negara lain yang penduduknya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan di Indonesia. Brunei yang jumlah penduduknya sangat sedikit saja pada tahun 2012 mampu menjadi negara terkaya nomor 5 di dunia. Dengan penduduk sekitar 400 ribu jiwa, ia mampu memiliki pendapatan per kapita sebesar $48.0000. Sangat jauh dengan Indonesia. Padahal Indonesia memiliki jumlah penduduk paling banyak di Asia Tenggara.

Negara Thailand yang jumlah penduduknya hanya sepertiga dari jumlah penduduk Indonesia mempunyai pendapatan per kapita yang tinggi, yakni dua kalu lipat dibanding dengan Indonesia, yakni sebesar $4.620. Sedangkan Malaysia memiliki pendapatan per kapita sebesar $7.525. Negara dengan pendapatan per kapita paling besar adalah Singapura yakni sebesar $36.379. Padahal jumlah penduduknya hanya satu per empat puluh dari jumlah penduduk Indonesia. Singapura mempunyai pendapatan per kapita lima belas kali. Pada tahun 2012, Singapura menjadi negara terkaya nomor 3 di dunia dengan pendapatan per kapitanya $56.694.

Apabila melihat hal ini rasanya sungguh sangat miris. Karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang banyak dan luas wilayah yang juga fantastis. Dibarengi dengan sumberdaya alam yang melimpah. Namun, ternyata Indonesia belum memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Kemakmuran rakyatnya masih belum tercapai.

Pendapatan per kapita negara di asia tenggara ini bisa dijadikan sebagai tolok ukur kemakmuran rakyat dari bangsa di Asia Tenggara. Karena itu rasanya Indonesia perlu berbenah agar kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya bisa tercapai dengan meningkatnya pendapatan per kapitanya.

Selanjutnya : Karakter Nama Seseorang
Sebelumnya: Mel Gibson Pemeran Baik Kolosal Braveheart
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar