Perbandingan Pendapatan Per Kapita Rakyat Indonesia dan Negara Tetangga


Pendapatan perkapita suatu negara ditentukan oleh pendapatan dari Produk Domestik Bruto serta Produk Domestik Nasional di negara itu. Dengan melakukan suatu perhitungan kita dapat mengetahui berapa pendapatan per kapita rakyat Indonesia dan membandingkannya dengan negara tetangga. Bank Dunia mengelompokkan negara-negara menurut tingkat ekonominya berdasarkan kepada tinggi rendahnya PDB dan PNB nya.

Perkembangan Ekonomi

Berikut ini pengelompokkan negara menurut perkembangan ekonomi berdasarkan data Bank dunia tahun 2003:

1. Kelompok negara yang PNB per kapitanya sekitar 675 US Dollar atau kurang dari itu (low Income Economies).

2. Kelompok negara yang PNB per kapitanya antara 675 US Dollar hingga 2.695 US Dollar (lower middle income economies).

3. Kelompok negara yang PNB per kapitanya antara 2.696 US Dollar hingga 8.335 US Dollar (upper middle income economies).

Penggunaan mata uang Dollar Amerika adalah untuk mempermudah perbandingan antara satu negara dengan negara yang lain, terutama untuk negara-negara yang letaknya saling berdekatan, misalnya negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Perbandingan ini dimaksudkan untuk mengetahui kedudukan negara yang bersangkutan di antara negara-negara lain di sekitarnya dalam bidang ekonomi.

Negara-negara yang PNB per kapitanya rendah, pada umumnya merupakan negara yang sedang berkembang. Rendahnya angka PNB ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

1. Rendahnya tingkat pendidikan, sehingga wawasannya pun kurang.
2. Kurangnya keterampilan dan kecakapan, akibatnya sulit ditemukan tenaga ahli.
3. Masih rendahnya kepemilikan modal.
4. Sumber daya alam yang tidak mencukupi.
5. Kurangnya tingkat kesdisiplinan masyarakat dan tingginya tingkat kemalasan.
6. Kurangnya sikap yang dapat mendorong produktivitas.

Pada tahun 2004, tingkat perekonomian Indonesia masih tertinggal cukup jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Pada saat itu pendapatan perkapita Malaysia telah mencapai 3.900 US Dollar, sementara pendapatan per kapita Indonesia berada pada kisaran 900 US Dollar.

Seandainya pertumbuhan tingkat perekonomian Indonesia sekitar 5%, maka baru 25 tahun kemudia tingkat ekonomi Indonesia dapat menyamai perekonomian Malaysia di tahun 2004, sementara di saat yang bersamaan tingkat perekonomian Malaysia sudah jauh lebih maju lagi.

Demikian ulasan mengenai perbandingan pendapatan per kapita rakyat Indonesia dan negara tetangga ini, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kebudayaan Asing di Negara China
Sebelumnya: Cara Pembukaan Pidato Islami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar