Pendapatan Perkapita Penduduk di Benua Australia

Sistem perekonomian di Australia menggunakan sistem ekonomi campuran. Australia dikatagorikan sebagai negara makmur dengan pendapatan perkapita penduduk di benua Australia sebesar lebih dari 900.000 dolar per tahun. Tingkat kemiskinan penduduk di Australia sangat rendah.

Pendapatan dari benua Australia diperoleh dari hasil tambang emas dan uranium. Sumber pendapatan lainnya dari hasil pertanian, perkebunan, industri riil, Industri IT, pajak ekspor impor dan pariwisata. Binatang khas Australia, seperti kangguru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dunia untuk mengunjungi Australia. Tingkat pengangguran di benua Australia sangat rendah.

Australia sebagai benua terkecil di dunia mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Emas, opal hitam dan uranium merupakan hasil tambang yang melimpah di benua Australia. Keanekaragaman hayati di Australia sebagian besar tidak ditemukan di benua lain.

Australia sebagai negara yang mempunyai minat tinggi terhadap budaya dan seni. Banyaknya pertunjukan seni drama, teater, pementasan opera dan pameran seni merupakan bukti dari berkembangnya seni di Australia. Gedung seni berkelas dunia dibangun untuk menampung kreativitas seni bagi warga negara Australia, yaitu Sidney Opera House di kota Sidney dan Royal Exhibition Building di kota Melbourne.

Keadaan alam benua Australia sangat melimpah. Banyaknya pantai dikelola oleh pemerintah Australia menjadi daya tarik wisatawan luar negeri dan dapat menjadi pendapatan bagi negara. Keberadaan pemandangan alam yang menakjubkan sehingga terdaftar sebagai world heritage seperti Greet Barrier Reef dan alam Tasmania juga menjadi sumber pendapatan.

Keadaan geografis dari benua Australia mendukung tingkat pendapatan negara. Benua Australia dipisahkan oleh Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Laut Timor dan Laut Arafura. Keberadaan Australia yang merupakan benua terkecil di dunia dan mempunyai tanah tandus tetap dapat memberikan hasil kekayaan alam. Peternakan domba yang banyak terdapat di Australia menghasilkan wool sebagai bahan pembuat baju hangat. Wool ini diekspor ke negara lain.

Pengelolaan sumber daya alam dan keanekaragaman budaya yang terdapat di benua Australia dapat meningkatkan pendapatan perkapita penduduk di benua Australia. Pemerintah Australia dan penduduknya saling mendukung untuk mengelola sumber daya yang ada menjadi pendapatan.

Loading...
Selanjutnya : Hak Pendidikan Anak Jalanan
Sebelumnya: Enam Pendapat Para Ahli tentang Asal Usul Manusia Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar