Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif


Penelitian dibedakan menjadi dua berdasarkan data dan cara mengolahnya, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Kuantitatif berarti banyak atau jumlah benda. Sedangkan kualitatif adalah ukuran baik buruk berdasarkan kadar. Penelitian sendiri dilakukan untuk mendapatkan kehati-hatian dan kekritisan dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip untuk menetapkan sesuatu. Penelitian kuantatif dan kualitatif merupakan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian yang biasa juga disebut dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Kuantitatif

Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang menggunakan parameter dengan cara mengumpulkan data, menganalisisnya, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan dalam penarikan kesimpulan, serta pengambilan keputusan. Metode kuantitatif ini berlandaskan pada anggapan tertentu yang sudah terlebih dahulu disusun.

Kualitatif

Pendekatan kualitatif menggunakan pengalaman para peneliti dalam menemukan dan memahami fenomena segala sesuatu yang sedang diteliti. Pendekatan kualitatif juga merupakan pendekatan yang digunakan untuk penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan, namun tidak bisa didapatkan analisisnya dengan menggunakan prosedur statistik atau cara lain dari pengukuran.

Pendekatan kualitatif menghasilkan data deskriptif kualitatif berbentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan segala perilaku yang sedang diamati. Pendekatan ini memiliki tujuan mendapatkan pemahaman umum terhadap kenyataan sosial yang sedang diamati.

Pemahaman tersebut didapatkan setelah melakukan analisis terhadap kenyataan sosial tersebut. Dari analisis yang ada inilah nantinya akan ditarik kesimpulan berupa pemahaman umum yang dicari.

Metode Penelitian

Setiap metode penelitian memiliki kekhususan sendiri yang unik. Hal unik inilah yang nantinya akan memudahkan dalam penyesuaian menggunakan metode penelitian apakah menggunakan pendekatan kuantitatif atau pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan pandangan fenomenologis sebagai paradigma alamiah yang akan memberikan jawaban penelitian.

Sedangkan pendekatan kuantitatif menggunakan perincian data statistik yang real dan bukan asumsi. Kedua macam metode penelitian yang ada menjadi cara para peneliti dalam mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan. Semakin banyak data yang didapatkan, hasil yang ada akan semakin akurat dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Oleh karena itulah, dalam penelitian harus dirumuskan dengan jelas metode yang akan digunakan, disesuaikan dengan kasus yang ada, serta perencanaan waktu yang matang.

Kejujuran dalam mendapatkan data statistika ataupun data kualitatif juga menjadi kunci keakuratan hasil penelitian dengan kenyataan di lapangan. Demikian uraian mengenai pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Isi Artikel Budi Daya Jamur Merang Media Kardus
Sebelumnya: Peran Kontrol Sosial dalam Masyarakat Demokratik dan Fungsi Pers
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar