Penebangan Hutan Secara Liar di Indonesia


Tentunya penebangan hutan secara liara akan memberikan dampak tidak baik dalam jangka panjang. Mengapa demikian?

Indonesia sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki hutan paling banyak juga sering menemukan kasus penebangan hutan secara liar. Bahkah oleh karena itu jumlah hutan di Indonesia semakin sedikit. Penebangan hutan liar atau illegal adalah salah satu yang paling besar di sini. Kira-kira dari 75 persen kayu yang ada ditebang juga dipanen secara illegal. Oleh karena inilah pemerintah rugi hingga miliaran rupiah akibat hilangnya pajak pemasukan.

Untuk wilayah Kalimantan Selatan yang terdiri atas banyak hutan, per tahunnya kehilangan pendapatan sebanyak 100 juta rupiah. Penyebabnya adalah separuh produksinya didapatkan dengan cara illegal.

Menurut data dari WWF, adanya penebangan hutan yang illegal di Indonesia disebabkan banyak faktor. Misalnya kapasitas perusahaan untuk memotong kayu Indonesia juga Malaysia terlalu banyak. Perusahaan di dua negara itu memiliki fasilitas untuk mengolah kayu dengan jumlah yang banyak padahal jumlah kayu sudah mulai menurun dari tahun 1990an.

Negara kita dan Malaysia bisa mengolah kayu sebesar 58,2 juta meter kubik kayu pertahunnya. Padahal produksi hutan yang legal bisa mensuplai 25,4 juta meter kubik saja. Kemudian sisanya ya menggunakan kayu yang illegal.

Dampak Penebangan Hutan Liar

Ada banyak dampak dari penebangan liar yang terjadi. Ingin tahu apa saja dampaknya? Berikut bahasannya di bawah ini.

Berkurangnya Lapisan Tanah Subur

Lapisan tanah jadi sering terbawa oleh arus banjir yang sering melanda Indonesia. Dengan begitu jumlah tanah subur menjadi berkurang. Dengan demikian, secara tidak langsung penebangan ini menyebabkan lapisan tanah subur yang ada di hutan dan gunung berkurang.

Longsor dan Banjir

Dua fenomena alam ini memang sering terjadi di Indonesia. Longsor dan banjir sering sekali mendatangkan korban jiwa maupun harta yang besar. Banyak diantara masyarakat yang kehilangan rumah, harta benda, bahkan keluarga.

Itulah artikel mengenai penebangan hutan secara liar beserta dampaknya. Semoga artikel ini bisa memberi pelajaran kepada Anda untuk tetap mencintai dan melindungi alam dengan baik. Selamat membaca.

Selanjutnya : Misteri Pantai Laut Selatan
Sebelumnya: Jenis Alat Gambar Untuk Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar