Penebangan Pohon Liar di Indonesia dan Solusi Menanggulanginya


Penebangan pohon secara liar (illegal logging) adalah suatu perbuatan penebangan secara ilegal dan tidak sah. Kegiatan ini sangat bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Banyak yang terjadi akibat seringnya manusia merusak pohon-pohon tanpa adanya izin dari pemerintah, di antaranya banjir, tanah longsor, kurangnya habitat penghuni hutan, dan lain sebagainya.

Penebangan Liar di Indonesia

Sebenarnya, dulu, Indonesia merupakan negara terkaya penghasil sumber daya alam di dunia. Dengan segala macam hasil buminya, selain minyak bumi, ada juga rempah-rempah yang sangat dikenal oleh bangsa lain, tidak heran Indonesia menjadi salah satu target utama dalam perdagangan dunia, terutama dari hasil alamnya.

Sementara itu, dengan kenyataan yang terjadi saat ini, begitu maraknya penebangan di daerah Kalimantan dan Sulawesi yang mayoritas merupakan kawasan zona hutan yang sangat luas di Indonesia. Penebangan ini sering kali berlaku tanpa batas dan fatal yang berakibat pada SDA Indonesia sendiri. Penebangan yang liar dan ilegal ini berakibat juga pada bumi yang kita tempati saat ini. Semakin hari semakin kurang oksigen dan berdampak juga pada bocornya lapisan ozon tepat di atas negara kita.

Di lain pihak, pemerintah juga sudah mengeluarkan seribu cara untuk menghentikan penebangan secara liar ini, tetapi hasilnya memang belum berhasil dan kurang efektif. Sementara usaha untuk menghentikan berbagai aktivitas impor juga masih tergolong abu-abu atau dalam arti lain masih setengah-setengah dan bisa dikatakan belum berhasil.

Solusi Menanggulangi Penebangan Liar

Adapun solusi dalam mencegah maraknya penebangan liar di Indonesia bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Diperlukan adanya pembenahan sistem hukum yang mengatur tentang pengelolaan pohon.
  2. Diperlukan adanya bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga dan melestarikan pohon yang ada di sekitar kita.
  3. Melakukan reboisasi secara rutin.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penebangan pohon secara liar (illegal logging) adalah suatu tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh pribadi, badan usaha/badan hukum secara tanpa izin/tidak sah yang bertujuan merusak kelestarian pohon.

Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Berbagai Manfaat Puasa untuk Kesehatan
Sebelumnya: Pengertian Hukum Menurut Para Ahli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar