Penemu Angka Nol


Sejarah angka memang tidak semua orang mengetahuinya begitupun dengan angka nol bisa jadi Anda salah satunya yang belum mengetahui siapakah tokoh dibalik angka nol ini. Di sini kita akan coba bahas Al-Khawarizmi sebagai tokoh yang selama ini sudah memberikan sumbangsih pada dunia dan dianggap sebagai penemu angka nol.

Sejarah Angka Nol

Sejarah Al-Khawarizmi, beliau dilahirkan di Khawarizmi, Uzbeikistan pada tahun 194 H/780 M dengan nama lengkap Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi. Meski demikian dunia lebih mengenal namanya Khawarizmi, Al-Cowarizmi, Al-Ahawizmi, Al-Karismi, Al-Goritmi, Al-Gorismi, dan nama lainnya.

Pekerjaan Al-Khawarizmi di observatory. Tempat ini adalah wadah untuk orang yang mau menimba ilmu matematika dan astronomi. Tidak hanya itu Al-Khawarizmi pun mendapat kepercayaan menjadi pemimpin di perpustakaan khalifah.

Kepintaran yang dimiliki Al-Khawarizmi inilah yang membuat kita pada saat ini mengetahui algoritma. Itulah mengapa pada saat ini kita mengenal pelajaran   Algoritma, yang dari sejarahnya nama ini merupakan nama belakang Al-Khawarizmi. Fungsi Algoritma biasa dipakai dalam bidang ilmu komputer untuk membuat flowchart.

Al-Khawarizmilah yang telah mengenalkan angka nol pada dunia. Dalam bahasa Arab disebut sifr.  Dahulu kala sebelum ditemukannya angka nol, ilmuwan barat mengenal abacus yaitu seperti daftar yang mengenalkan perhitungan yang dimulai dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. Angka nol ini oleh bangsa Barat kurang lebih baru 250 tahun mereka mengenalnya setelah al-Khawarizmi jauh lebih awal menemukannya.

Dampak positif penemuan angka nol ini dalam perkembangan teknologi  terutama untuk computer/ digital yaitu berhasilnya ditemukan gerbang logika dan kode ASCII. Dalam perkembangan ilmu matematika yang semakin mendunia dalam perhitungannya pun mengalami perkembangan sehingga saat ini kita bisa mengenal rumus sinus, cosinu, tangent ataupun rumus trigonometi.

Beberapa bidang ilmu yang pernah ditekuni Al-Khawarizmi di antaranya adalah matematika, astronomi, astrologi, dan geografi. Sumbangan Al-Khawarizmi dalam bidang ilmu pengetahuan diantaranya teorema segitiga sama kaki, perhitungan tinggi serta luas segitiga, dan luas jajaran genjang serta lingkaran, tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi. Dunia bahkan menganugerahinya sebagai Bapak Aljabar.

Jadi penemu angka nol ini adalah seorang tokoh matematika yang merupakan ilmuwan besar dan berpengaruh dizamannya.  Bahkan seharusnya sampai sekarang pun sejarah ini harus tetap diketahui oleh generasi muda.

Selanjutnya : Contoh Paper Ekonomi Internasional Tentang Perdagangan
Sebelumnya: Pemilihan Presiden Langsung oleh Rakyat Pertama Kali di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar