Willem Janszoon, Penemu Pertama Negara Australia

Australia merupakan salah satu negara tetangga dari Indonesia. Samudra India memisahkan wilayah Indonesia dengan benua Australia.

Negara sekaligus benua ini sebenarnya mempunyai penduduk asli yang disebut sebagai suku Aborigin. Namun sedikit dari kita yang mengetahui nama penemu pertama negara Australia.

Nama Australia diambil dari kata bahasa latin yakni australis yang bermakna selatan. Di awal abad 20, Australia sering diucapkan dengan Oz.

Sedangkan orang-orang yang ada di Australia dinamakan dengan Aussie. Di masa kerajaan Romawi sudah santer tentang legenda Terra Australis, atau tanah asing di Selatan. Namun pengetahuan Terra Australis tidak didukung sama sekali oleh informasi yang terdokumentasi.

Penemu Pertama Negara Australia

Seseorang yang pertama kali melihat benua Australia adalah Willem Janszoon, dia adalah gubernur kolonial dari Belanda yang juga ahli dalam bidang navigasi.

Dia merupakan orang Eropa yang pertama kali mengetahui keberadaan dari pantai Australia. Willem Janszoon bekerja pada Hindia Belanda untuk beberapa masa jabatan.

Willem Janszoon lahir di negeri Belanda, dan dia besar sebagai seorang yatim piatu. Willem berlayar dari Belanda ke Hindia Timur pada 18 Desember 1603.

Pelayaran ke Hindia Timur ini dilakoninya untuk ketiga kalinya. Dia ditunnjuk sebagai kapten Duyfken atau Merpati Kecil. Saat semua kapal meninggalkan Jawa, Janszoon ditugasi untuk menemukan pangsa pasar lain.

Lalu di berlayar mencari Pulau Papua dan juga pulau lainnya di daerah Timur dan Selatan. Di ekspedisi inilah dia berhasil melihat garis pantai Benua Australia pertama kali. Namun di ekspedisi tersebut banyak awak kapalnya yang tewas karena bentrok dengan penduduk asli.

Mengenal Sejarah Australia

Sebelum kedatangan bangsa Eropa, sejak 40 ribu tahun yang lalu benua ini telah dihuni oleh suku asli yang sering disebut sebagai aborigin.

Di tahun 1606 para imigran Eropa didatangkan ke benua Australia. Benua ini di abad 18 dijadikan oleh para penguasa Inggris sebagai tempat pembuangan pelaku kriminal atau kejahatan.

Di abad 19 para imigran banyak yang menjadikan Australia sebagai tempat tujuannya. Sebab di benua ini telah banyak ditemukan tambang emas yang produktif.

Seiring waktu berjalan, para imigran Eropa bertambah jumlahnya hingga membentuk beberapa koloni. Dari beberapa koloni tersebut dibentuklah sebuah federasi yang dikenal sebagai Pesemakmuran Australia.

Sebelum ditemukan orang Eropa, Benua Australia sudah pernah didatangi oleh para navigator asal negeri China dan Timur Tengah. Sekian bahasan penemu pertama negara Australia ini, dan semoga menambah wawasan kita!

Selanjutnya : Mengenal Baju Bodo - Baju Adat Suku Bugis
Sebelumnya: Inilah Bahan untuk Kitchen Set Tahan Rayap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...