Penemu Senapan M 16

Siapakah penemu senapan m 16? Mari kita telusuri sejarahnya. Berdasarkan catatan sejarah yang berkembang, M-16 merupakan senjata yang diadaptasi dari AR-15 yang dimodifikasi menjadi XM16E1. Pada perkembangan selanjutnya XM16E1 ini kembali dimodifikasi dan dikembangkan menjadi M16. Senjata ini dirancang oleh Eugene Stoner untuk militer Amerika. Karenanya Eugene Stoner bisa disebut sebagai penemu senapan M 16.

Eugene Stoner

Loading...

Lahir pada tahun 1922, dialah penemu senjata M16 yang kesohor.
M16 dirancangnya saat bekerja sebagai cief engineer di Fairchild, induk dari Armalite. Saat hak ciptanya dibeli oleh Colt, Eugene Stoner ikut ditarik untuk bekerja di Colt sebagai konsultan desain. Di sana ia melahirkan desain senjata lainnya.

Sekilas M16

M16 merupakan senapan serbu berkaliber 5.56 mm, air-cooled, ini berarti senapan ini sistem operasi dari senapan ini menggunakan sistem gas dan menggunakan bolt berputar untuk merotasi magazine yang diisikan pada katridge. Senapan ini memiliki sistem tembak semi otomatis dan otomatis, atrinya tak perlu dikoang untuk melakukan tembakan.

M16 termasuk senjata yang ringan, sebab terbuat dari aluminium, besi, dan komposit kaliber. Secara rinci, desain dan bahan M 16 adalah, Receiver yang bahan dasar pembuatannya adalah alumunium. Bolt, Laras, dan bolt cartridge terbuat dari besi. Pegangan dan popornya terbuat dari plastik.

Model awal dari M16 termasuk memiliki beban yang ringan, beratnya hanya 2,9 kg. berat ini sangat ringan daripada senapan lain yang ada di antara 1950 hingga 1960. Bahkan lebih ringan dari AK-47 yang memiliki bobot 5 kg. Pada varian M16A2 serta varian-varian baru dari M 16, beratnya malah bertambah, sekitar 3,9 kg.

Senjata ini pertama kali digunakan oleh tentara Amerika Serikat di korps darat, marinir dan udara. Perkembangannya dimulai pada perang Vietnam yang disinyalir lebih membutuhkan senapan tempur dan serbu untuk pertempuran jarak dekat.

Senapan M 16 dengan kaliber 5.56 x 45 mm ini adalah senjata yang paling sering juga banyak diproduksi. Hingga saat ini, 15 negara yang tergabung dalam NATO menggunakan senjata ini sebagai alat tempurnya. Bahkan digunakan oleh 80 negara di dunia, bahkan lebih.

Banyak perusahaan Amerika, Kanada dan Cina yang telah memiliki hak atas desain senjata ini, telah memberi kontribusi atas terciptanya 8.000.000 senapan lebih untuk semua varian M 16.

Model-model terbaru  dalam varian M16A4, berdesain “flat-top”. Model ini juga sekaligus dilengkapi Picatinny mounting rail sebagai tempat memasang alat bidik biasa, maupun alat bidik optik seperti teleskop hingga night vision.

Loading...
Selanjutnya : Polemik 30 S PKI Beserta Gambar Korbannya
Sebelumnya: Jenis Scanner Epson dan Canon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar