Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Sehari Hari


Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari memang sudah menjiwai masyarakat Indonesia pada umumnya. Karena sejak awal pendidikan memang sudah dikenalkan nilai-nilai moral yang terdapat dalam Pancasila yang dipandang sebagai dasar Negara yang kuat.

Sekarang mari ditelusuri secara mendalam nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila berikut penerapannya dalam kehidupan manusia khususnya masyarakat Indonesia yang tersebar dari kepulauan Sabang hingga kepulauan Merauke.

Dalam sila pertama ini terkandung nilai  yang menjunjung keagaaman secara religius, yakni : mempercayai adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta segala alam semesta. Penerapannya dari sila pertama adalah bebas menetapkan pilihan untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya.

Sila ke-2 ini mengandung unsur nilai-nilai perikemanusiaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Adanya pengakuan harkat dan martabat manusia dengan segala kewajiban dan hak asasi yang dimiliki. Penerapan dari sila ke-2 ini jelas, misalnya bentuk kepedulian akan hak setiap untuk memperoleh lingkungan hidup yang baik dan sehat, hak setiap warga untuk membantu dan berperan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang sehat. Serta menjaga kelestarian lingkungan hidup sekitar.

Dalam butir ke-3 terdapat nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadi sumber pemersatu bangsa dengan memperhatikan aspek Ke-bhineka tunggal Ika antar suku bangsa yang berbeda budaya, bahasa. Menularkan cinta dan bangga terhadap Negara Indonesia wujud sari sikap nasionalisme.

Penerapan dalam sila ke-3 diantaranya adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan sebagai bahasa nasional di masyarakat Indonesia. Atau melestarikan sikap kegotong-royongan atau tepa selira antara warga satu dengan yang lain.

Dalam Permusyawaratan Perwakilan terkandung nilai nilai kerakyatan yang harus diteladani dengan benar. Seperti kedaulatan penuh dalam Negara ini adalah ditangan rakyat. Penerapan sesuai dengan sila ke-4, umpamanya adalah pelaksanaan pemilu yang sesuai asas kerakyatan langsung,umum,bebas dan rahasia. Keputusan yang diambil berdasarkan mufakat bersama.

Mempunyai nilai luhur seperti adanya perlakuan yang sama dan adil dalam seluruh aspek kehidupan baik dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Penerapan sila ke-5 meliputi hal sebagaimana berikut: dalam pengelolaan sumber daya hayati serta memilihara lingkungan alam sekitarnya yang penting dan bermanfaat.

Demikian uraian penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari telah mendarah daging sejak dulu kala.Semoga tetap menjadi sendi nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia sampai kapanpun.

Selanjutnya : Terjadinya Cuaca Disebabkan oleh Faktor-Faktor Alam di Suatu Wilayah
Sebelumnya: Amankah Pembersih Mata Boorwater ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar