Penetapan Pemberian Gaji Karyawan di Perusahan Sepatu

Dimana pun Anda bekerja pastinya akan memperhitungkan berapa besarnya gaji dengan biaya yang akan dikeluarkan ketika Anda bekerja, entah itu untuk uang transportasi atau untuk makan Anda.

Ketika kebutuhan hidup sudah teratasi oleh gaji Anda maka mungkin tidak perlu lagi Anda mencari pekerjaan lain yang memberikan nilai lebih tinggi.

Loading...

Namun jika gaji Anda ternyata kecil maka langkah yang dilakukan bisa jadi mencari pekerjaan yang jauh lebih baik dan lebih memberikan nilai tinggi untuk Anda.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri mengenai masalah gaji. Kita tahu juga bahwa ada gaji atau upah minimum yang ditetapkan di setiap daerah yang jumlahnya mungkin tidak sama besarnya.

Jadi ada perusahaan yang melebihi umr namun ada perusahaan yang menggaji karyawannya di bawah umr. Demikian juga penetapan pemberian gaji karyawan di perusahaan sepatu.

Pengertian Gaji

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, gaji merupakan upah kerja yang harus dibayarkan dalam jangka waktu yang tetap. Gaji ini dapat dikatakan sebagai imbalan atau balas jasa bagi karyawan atas pekerjaan yang telah dilakukannya.

Gaji ada yang dibayarkan secara harian, mingguan atau bulanan semua tergantung kebijakan dari perusahaan. Namun yang pasti gaji adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan dapat menjadi motivasi saat bekerja karena dengan gaji maka karyawan dapat memenuhi kebutuhan dan biaya hidupnya sehari-hari.

Fungsi dari adanya gaji ini adalah untuk menarik karyawan yang memiliki kemampuan agar mau bekerja dan masuk ke dalam lingkup kerjanya. Gaji juga sangat berfungsi untuk memberikan semangat para pekerjanaya sehingga menunjukkan prestasinya dan dapat mempertahankan prestasinya itu.

Penetapan Gaji di Perusahaan Sepatu

Ada beberapa perusahaan sepatu besar yang berproduksi di Indonesia, di antaranya adalah sepatu Bata, Nike, Tomkins dan ada juga produksi sepatu lokal.

Baik perusahaan besar maupun kecil harusnya menetapkan gaji yang sama yaitu sesuai dengan upah minimum yang ditetapkan daerah atau melebihi upah minimum.

Mungkin bagi pabrik sepatu rumahan yang masih dalam skala kecil berbagai kekurangan banyak di antaranya adalah keuangan yang belum begitu stabil.

Namun diperusahaan besar tentunya penetapan gaji harus lebih baik dan lebih mensejahterakaan karyawan agar kinerja karyawan dapat maksimal karena gaji sangat dibutuhkan untuk biaya hidupnya sedangkan perusahaan membutuhkan karyawan untuk menyelesaikan produknya.

Oleh karena adanya simbiosis mutualisme yang menguntungkan antara karyawan dan perusahaan maka harus dipikirkan tentang gaji yang akan diberikan perusahaan dan prestasi yang akan diberikan oleh karyawan.

Demikian penetapan pemberian gaji karyawan di perusahan sepatu sebaiknya harus saling menguntungkan bagi kperusahaan dan pekerja.

Loading...
Selanjutnya : Benda yang Dibuat dari Barang Recycle Picu Kreativitas
Sebelumnya: Belajar Menghitung Excel dengan Mudah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar