Pengamatan Menggunakan Melalui Mikroskop Cahaya, Mikroskop Elektro dan Mikroskop Streo


Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk membantu melihat benda kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata atau tidak jelas ketika dilihat mata. Mikroskop juga memiliki beraneka macam sesuai kegunaannya. Di antaranya mikroskop cahaya, mikroskop elektro, dan mikroskop streo.

Mikroskop cahaya dapat memperbesar cahaya hinga seribu kali dari ukuran aslinya. Dan terdapat tiga dimensi lensi yaitu lensa obyektif, lensa okuler dan lensa kondensor.

Lensa tersebut terdapat letak-letaknya tersendiri ialah lensa obyektif dan okuler terdapat pada ujung tabung dan lensa kondensor terdapat tiga bagian dibawah mikroskop.

Tiga lensa tersebut memiliki tugas fungsi yang berbeda. Yaitu lensa obyektif berfungsi sebagai pembentuk bayangan yang pertama. Lensa okuler sebagai pembesar bayangan yang telah dihasilkan oleh lensa obyektif.

Lensa kondensor sebagai menciptakan pencahayaan pada obyek yang akan difokuskan untuk membuat pengaturan secara tepat untuk memperoleh daya pisah yang bagus dan menjadikan dua benda terlihat menjadi satu.

Mikroskop elektro yaitu mikroskop yang dapat membesarkan obyeknya hingga dua juta kali dari aslinya. Dengan menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengatur cahaya dan gambar yang ditampilkan dan memperbesar obyek serta resolusi yang lebih baik. Mikroskop ini lebih baik dari mikroskop obyektif  tidak hanya hasil tapi ketika menggunakannya juga.

Mikroskop streo yaitu mikroskop yang digunakan untuk memperbesar ukuran benda yang relative besar. Karena hanya bisa memperbesar tujuh hingga tiga puluh kali dari ukuran aslinya.

Mikroskop ini jika dibandingkan dengan mikroskop cahaya maka hasilnya sama dengan ketika dibandingkan dengan mikroskop elektro. Mikroskop streo lebih bagus karena ruang ketajaman pada lensa lebih tinggi menyebabkan dapat melihat tiga dimensi benda dan dapat mengamati sumber cahaya diatas yang tebal.

Pengamatan menggunakan melalui mikroskop cahaya, mikroskop elektro dan mikroskop streo akan memberikan hasil yang cukup baik. Hal ini sesuai dengan kegunaan masing-masing mikroskop.

Pada pengamatan tertentu, terkadang hasil yang diinginkan harus sangat detail sehingga membutuhkan alat pengamatan yang lebih canggih. Teknologi mikroskop semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak terlalu banyak kendala untuk mengadakan suatu pengamatan.

Selanjutnya : Cara-cara Merawat Kenari Agar Gacor
Sebelumnya: Klub Liga Inggris Terbanyak Mendapat Piala
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar