5 Pengarang Cerpen Terkenal


Indonesia memiliki banyak pengarang cerpen terkenal.  Karya-karya mereka bertebaran di berbagai media masa maupun buku-buku kumpulan cerpen yang diterbitkan di tanah air. Popularitas pengarang cerpen ini tidak semata karena karya mereka yang telah bertebaran di mana-mana. Akan tetapi, justru karena ada beberapa cerpen yang mereka hasilkan begitu berkesan, memiliki hikmah dan memberikan makna khusus pada para pembacanya.

Nah, berikut adalah lima wanita pengarang cerpen yang cukup dikenal oleh pembacanya, khususnya di tanah air, yaitu:

1.  Helvy Tiana Rosa (HTR)

Helvy Tiana Rosa atau lebih dikenal dengan HTR merupakan salah satu pengarang cerpen wanita yang populis di Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor sastra islami di tanah air. Mengantongi berbagai award dan penghargaan sastra baik di tanah air maupun di manca negara. Karyanya yang sangat fenomenal yaitu Ketika Mas Gagah Pergi berhasil menginspirasi banyak pembacanya untuk menemukan jalan hidayah.

2.  Iva Avianty

Iva Avianty juga dikenal sebagai penggiat sastra islami. Karya-karyanya banyak ditemukan di majalah-majalah islami seperti UMMi dan Annida. Cerpen Iva Avianty disenangi karena memiliki gaya yang berbeda. Renyah, kocak, selalu menggunakan setting modern, namun tetap teguh dengan idealisme islamnya. Nuansa islam digambarkan dengan sangat apik dan moderat dalam setiap cerpen-cerpennya.

3.  Asma Nadia

Asma Nadia sebenarnya lebih dikenal sebagai penulis novel dan buku-buku non fiksi catatan hatinya. Namun, tidak dipungkiri penulis wanita yang hobi travelling ini juga telah menelurkan karya-karya dalam bentuk cerpen yang tidak sedikit. Karya-karyanya selalu memotret kehidupan kaum wanita khususnya mereka yang termarginalkan.

4.  Afifah Afra

Penulis serba bisa yang lebih konsen menulis novel epik (novel sejarah). Namun, ia juga pernah dikenal sebagai pengarang cerpen yang cukup produktif.

5.  Naqiyyah Syam

Pengarang cerpen dari Lampung ini juga terkenal produktif menulis cerpen anak, dan dewasa. Tulisannya tersebar dalam banyak antologi bersama dan media massa khususnya harian Lampung Pos.
Mereka adalah lima dari sekian banyak pengarang cerpen khususnya perempuan yang terkenal di negeri ini.

Saat ini pengarang-pengarang cerpen dan tulisan fiksi lainnya terus bermunculan. Ada yang memang fokus mengembangkan kariernya sebagai pengarang cerpen. Namun, tidak sedikit juga yang menjalaninya hanya sebatas hobi. Nah, Anda ingin ikut meramaikan gemerlap sastra di tanah air dan masuk daftar pengarang cerpen terkenal?

Selanjutnya : Makalah Olahraga Senam Lantai
Sebelumnya: Kenapa Korea Perang?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar