Pengarang Lagu Keroncong yang Populer


Indonesia patut bangga dengan sejarah yang dimiliki termasuk adanya pengarang lagu Keroncong yang masih menjadi legendaris hingga saat ini. Lagu Keroncong memang identik sekali dengan budaya bangsa Indonesia yang terkenal ramah tamah serta guyub. Kebanyakkan dalam lagu keroncong mengusung tema yang berhubungan dengan geografi budaya alam Indonesia yang begitu termasyhur keindahannya.

Mungkin sebagian kalangan muda tidak begitu mengenal jauh sejarah pengarang lagu keroncong masa lalu, tetapi generasi dari orang tua terdahulu tidak bisa lekang ingatan akan keindahan irama lagu keroncong yang terdengar syahdu cenderung mendayu-dayu. Masih ingat lagu Keroncong terkenal dulu :”Bengawan Solo” ciptaan Pak Gesang asal Solo yang begitu digandrungi?

Lagu keroncong “Bengawan Solo” merupakan salah satu bukti bahwa pengarang lagu keroncong dulu memang begitu piawai dalam menciptakan seni kreasi lagu yang unik dan begitu akrab ditelinga. Lagu-lagunya pun sampai era kini masih juga terdengar meskipun mengalami remix ulang dalam beragam genre versi musik. Ada yang dikreasikan menjadi music lagu pop, jazz, ataupun genre dangdut koplo. Yang terutama lagu tersebut tetap bisa didengarkan secara menarik.

Jika ditelusuri lebih jauh mengenai pengarang lagu-lagu keroncong Indonesia, tentunya akan mendapatkan sejumlah nama pengarang yang telah berjasa menyumbang karya seninya dalam pengembangan lagu keroncong. Siapa sajakah pengarang-pengarang lagu keroncong era masa itu yang begitu dikenal masyarakat dapat disimak diantaranya adalah:

•    Ismail Marzuki

Era lagu keroncong masa dulu memang mengenal pengarang lagu seperti Ismail Marzuki yang kerap membawakan lagu keroncong.

•    Gesang Martohartono

Pengarang lagu “Bengawan Solo” yang sangat popular ini seperti menjadi ikon lagu keroncong dari Indonesia. Konon lagu Bengawan Solo sudah dialihbahasakan ke dalam 13 bahasa asing. Seperti bahasa Inggris, bahasa Belanda maupun bahasa Mandarin. Pencapaian prestasi yang luar biasa.

•    Anjar Ani

Prestasi pencipta lagu-lagu keroncong ini sudah mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) karena kemampuannya dalam memperkenalkan lagu keroncong yang berasal dari langgam Jawa. Seperti salah satu lagu karyanya “Yen Ing Tawang Ono Lintang” serta ciptaannya lagu lainnya yang fenomenal “Jangkrik Genggong”.

Sudah selayaknya kita bangga pula dengan prestasi seni anak bangsa sebagai pengarang lagu keroncong. Terbukti dapat memperkenalkan kekayaan seni budaya Indonesia yang hebat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Perbedaan Tipe Curve dan Bold
Sebelumnya: Tips Kecantikan Kuku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar