Para Pengarang Puisi Terkenal Indonesia


Siapa saja pengarah puisi terkenal Indonesia? Dalam bidang sastra para penulis Indonesia tidak kalah dengan penulis-penulis dari luar negeri, kalau para penulis luar yang menjadi ukurannya. Sastra Indonesia banyak melahirkan penulis berkarakter baik novel, cerpen ataupun puisi.

Untuk ukuran novel dan cerpen masih lebih banyak di bandingkan penulis puisi. Supaya lebih tahu mari kita mengenal beberapa pengarang puisi terkenal Indonesia yang telah menelurkan karya-karya terbaiknya.

1. Chairil Anwar

Bagi para pengarang puisi, nama Chairil anwar bukan merupakan sesuatu yang baru. Orang pasti tau siapa chairil anwar. Ia adalah penulis terbaik yang ada di zamannya, dilahirkan 26 Juli 1922 di Medan. Awal karirnya dimulai setelah Dirinya pindah ke Jakarta. Ia merupakan seorang tokoh kemerdekaan yang berjuang lewat puisinya.

Puisi yang paling berpengaruh terhadap kemerdekaan Indonesia adalah puisi yang berjudul Karawang Bekasi. Puisi ini ikut membakar semangat para pemuda yang sedang berjuang. Salah satu puisi fenomenalnya lagi yang berjudul “Aku”, judul ini bahkan menjadi judul puisi yang sudah menjadi trandmarknya Chairil Anwar. Ia pun sering dijadikan panutan bagi para penulis muda yang lahir sekarang ini.

2. Taufik Ismail

Nama Taufik Ismail sama halnya dengan Chairil Anwar. Ia menjadi salah satu penyair terkenal Indonesia. Ia lahir di Provinsi Sumatra Barat pada 25 Juni 1935.  Taufik ismail dikenal sebagai pengarang dan pembaca puisi. Ia sering membacakan puisi karyanya di dalam maupun di luar negeri. Salah satu kumpulan karyanya bahkan di terbitkan di Rusia.

Selain sebagai penyair ia pun ikut menelurkan dan mendirikan Dewan Kesenian Jakarta, Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta, dan  Taman Ismail Marzuki. Karya terkenalnya yaitu Aku Malu Jadi Orang Indonesia, Tirani, dan Puisi-Puisi Langit.

3. W.S Rendra

Rendra di lahirkan di Solo 7 November 1935, Ia aktif dalam menulis puisi sejak masih remaja. Puisi-puisinya banyak dikenal orang pada masa tahun 1950an.

Pada masa itu Puisi Rendra benyak tersebar dan menghiasi majalah dan Koran Indonesia. Rendra banyak mendapat tawaran dari koleganya di luar negeri untuk membacakan puisi-puisinya di luar negeri. Ia telah meraih banyak penghargaan melalui puisi karyanya.

Itulah beberapa pengarang puisi terkenal Indonesia yang berhasil menelurkan karya-karya puisi terbauknya dan bisa menjadi teladan bagi para penerusnya.

Selanjutnya : Contoh Pidato Kesehatan Lingkungan Narkoba
Sebelumnya: Pidato Pengajian Rutin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar