Apa Pengaruh Buah Nanas pada Ibu Hamil?


Pernah mendengar ada seseorang yang melarang ibu hamil makan nanas? Apakah memang buah nanas bisa mengakibatkan keguguran? Lalu apa sebenarnya pengaruh buah nanas pada ibu hamil? Dalam artikel ini, penulis akan membahas tentang apa saja kandungan nanas dan bagaimana pengaruhnya pada ibu hamil.

Kandungan Buah Nanas

Buah nanas banyak mengandung vitain A, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dekstrosa, kalium, sukrosa, serta enzim bromelian. Enzim bromelian ini memiliki khasiat sebagai anti radang, menghambat pertumbuhan kanker, serta dapat melunakkan makanan dalam lambung. Selain itu, buah nanas juga mengandung serta yang bisa memudahkan seseorang untuk buang air besar saat sembelit.

Pengaruh Buah Nanas pada Ibu Hamil

Masyarakat meyakini bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran. Hingga kini memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran. Meskipun demikian, buah nanas memang memiliki pengaruh terhadap kehamilan. Pengaruh-pengaruh tersebut antara lain:

1. Menyebabkan Kelahiran Premature

Banyak ibu-ibu yang menyaranan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi nanas pada ibu hamil. Bahkan sebagian orang melarang sama sekali ibu hamil untuk makan nanas. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat bromealin. Zat ini dapat membuat leher rahim menjadi lemah sehingga dapat menyebabkan adanya kontraksi. Beberapa ibu hamil memang mengeluhkan terjadinya kelahiran prematur akibat dari mengonsumsi nanas ini. Namun, beberapa orang lagi ternyata tidak mengalami keluhan demikian. Artinya, nanas tidak selalu mengakibatkan kelahiran premature.

Mungkin ibu hamil yang mengalami kelahiran premature tersebut mengonsumsi nanas yang masih segar sehngga enzim bromelian yang terkandung dalam nanas masih utuh. Sedangkan ibu yang tidak mengalami kelahiran premature mengonsumsi nanas yang sudah diolah baik itu dalam bentuk jus atau apapun sehingga enzim bromelian menjadi hancur dan tidak berpengaruh pada kandungan.

2. Menyebabkan Keguguran

Buah nanas memiliki kandungan yang hampir sama dengan papaya. Buah nanas ini mengandung enzim protease bromelian yang sangat irip dengan enzim papain pada papaya. Enzim ini bisa menyebabkan adanya kontraksi karena bisa melemahkan leher rahim yang berakibat pada keguguran. Buah nanas, apalagi nanas hijau yang masih muda bisa menginduksi aktivitas rahim. Hal ini tentu akan membahayakan kehamilan.

Dengan adanya informasi ini, ibu hamil memang sebaiknya tidak mengonsumsi buah nanas, terutama buah nanas muda. Meskipun buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh, tapi ibu hamil tentu bisa mendapatkan nutrisi dari makanan lain.

Demikianlah informasi seputar kandungan buah nanas dan pengaruh buah nanas pada ibu hamil. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda terutama ibu hamil.

Selanjutnya : Bantuan Edit Foto di HP
Sebelumnya: Bilabong Pakaian Anak Muda yang Trendy
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar