Pengaruh Cuaca Bagi Kehidupan Makhluk Hidup


Pengaruh cuaca bagi kehidupan makhluk hidup merupakan hal yang paling banyak diperhatikan berkenaan dengan ekstremnya perubahan cuaca dan iklim saat ini. Kehidupan makhluk hidup, tidak hanya manusia memang sangat dipengaruhi oleh perubahan cuaca atau iklim.

Hewan, tumbuhan, semua menggantungkan tumbuh kembangnya pada iklim yang tengah berlangsung.Lalu, kira-kira apa saja pengaruh dari perubahan cuaca bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi?

Seperti apa pengaruh cuaca yang paling sederhana bagi kehidupan manusia? Anda bisa lihat pada reaksi ibu-ibu rumah tangga ketika cuaca mendung sepanjang hari, mereka pasti akan ngedumel karena pakaian cuciannya menjadi bau karena tidak kering dalam satu hari. Itu adalah pengaruh cuaca yang paling sederhana dalam kehidupan manusia. Berikut ini pengaruh cuaca bagi kehidupan.

Hasil Bumi Menurun

Tumbuhan dapat tumbuh dengan baik apabila cuaca atau iklim suatu daerah memang pas bagi tumbuhnya jenis tumbuhan tersebut. Apabila tidak, tumbuhan tentu tidak dapat tumbuh dengan baik.

Misalnya saja, tumbuhan yang memang hanya bisa hidup di daerah tropis. Padi akan dapat tumbuh jika curah hujan dan cahaya matahari seimbang. Tetapi, jika tidak, hasil panen tentu akan terpengaruh.

Muncul Berbagai Penyakit

Sudah bukan rahasia bahwa salah satu pengaruh cuaca bagi kehidupan adalah timbulnya berbagai penyakit. Tubuh yang tidak cocok dengan cuaca tertentu bisa menimbulkan reaksi berupa keluhan-keluhan berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit pernafasan.

Dalam hal ini, perubahan cuaca karena polusi udara menjadi tersangka utamanya. Perubahan cuaca yang ekstrem, rentan menimbulkan masalah pada daya tahan tubuh. Oleh karena itu, banyak-banyak mengonsumsi makanan bervitamin adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan guna menangkalnya.

Bencana Alam

Bencana alam dapat menjadi pengaruh cuaca yang selanjutnya. Cuaca yang berubah-ubah, dari panas ke hujan, lalu ke panas lagi, akan menimbulkan bencana alam. Salah satunya adalah banjir. Selain itu, perubahan cuaca ekstrem juga rentan menimbulkan badai yang dapat mengancam suatu wilayah.

Pengaruh cuaca bagi kehidupan makhluk hidup terbukti sangat besar. Mulai dari menurunnya hasil bumi hingga bencana alam. Untuk itu, agar perubahan cuaca tersebut tidak terlalu bahaya bagi kehidupan, maka kita harus selalu menjaga lingkungan sekitar.

Selanjutnya : Kapasitas Mesin Daihatsu Taruna dan Jenisnya
Sebelumnya: Kapal Perang Buatan China Mengalami Modernisasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar