Pengaruh Iklim Terhadap Makanan yang Menyebabkan Kelangkaan Makanan

Perubahan iklim di bumi saat ini meningkat tajam dibandingkan beberapa ratus tahun bahkan seribu tahun yang lalu. Banyak ilmuwan yang memperdebatkan bahwa terjadinya perubahan iklim ini disebabkan oleh emisi gas rumah kaca. Langsung atau tidak langsung, perubahan iklim yang drastis ini dapat memengaruhi ekosistem kehidupan yang berada di bumi terutama keanekaragaman hayati. Tak dapat dipungkiri bahwa perubahan iklim ini juga berpengaruh terhadap makanan. Pengaruh iklim terhadap makanan  tentu akan berdampak pula pada kehidupan manusia.

Pemanasan global merupakan dampak dari perubahan iklim yang ekstrim. Ini adalah isu lingkungan hidup yang dapat menyebabkan perubahan iklim global. Meskipun perubahan iklim global terjadi secara perlahan-lahan, yaitu dalam kurun waktu 50-100 tahun. Perubahan iklim berdampak sangat besar pada kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Dampak yang terjadi di antaranya mencairnya es di kutub, pergeseran musim, dan peningkatan permukaan air laut.

Manusia merupakan salah satu makhluk Tuhan yang tak akan bertahan hidup tanpa udara, air, dan makanan. Dengan adanya perubahan iklim ini, tentu saja akan berpengaruh pula pada keadaan alam seperti hutan, tanah, dan lautan. Dari hasil alam inilah manusia mendapatkan makanan. Misalnya saja, pada saat pemanasan global terjadi, tanaman akan bereaksi menyerap CO2 karena banyaknya karbondioksida di udara.

Ini merupakan materi mentah bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Proses ini akan seimbang dengan gas yang dilepaskan saat materi tumbuhan yang mati mulai membusuk. Efek dari perubahan iklim inilah yang cepat atau lambat bisa berakibat buruk atau baik tergantung pada respon tanaman itu sendiri.

Kemungkinan buruk yang terjadi pasti ada. Dapat dibayangkan apabila tanaman tidak dapat berkembang dengan baik, lalu terjadi kelangkaan. Padahal, ada jenis makanan yang merupakan makanan pokok bagi manusia. Akibatnya, manusia akan saling berebut makanan. Banyak anak-anak di dunia ini yang mengalami kekurangan gizi karena kelangkaan makanan. Pengaruh iklim terhadap makanan yang menyebabkan kelangkaan makanan tersebut juga  dapat mempengaruhi harga makanan atau bahan makanan itu sendiri.

Pemanasan global dapat diatasi dengan cara selalu menjaga alam dan jangan mengeksploitasi hutan secara besar-besaran dan liar. Mulailah bersahabat dengan alam, karena manusia didunia ini sangat membutuhkan alam untuk hidup. Dengan memulai meananam pohon di sekitar tempat tinggal anda, anda dapat membantu alam ke mbali menghijaukan bumi ini. Karena pengaruh iklim terhadap makanan yang disebabkan oleh pemanasan global tentu akan sangat mempengaruhi kehidupan manusia dimasa kini dan masa mendatang.

Loading...
Selanjutnya : Gerakan Pembaruan Al Irsyad Menuju Indonesia Merdeka
Sebelumnya: Contoh Brosur Penawaran Barang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar