Pengaruh Inflasi Terhadap Bisnis Global

Inflasi adalah suatu proses terjadinya peningkatan harga pada barang secara umum dan terjadi terus menerus dengan dikaitkan pada mekanisme pasar. Inflasi terjadi karena berbagai faktor, seperti tidak lancarnya barang yang didistribusikan dan konsumsi masyarakat yang meningkat. Inflasi juga akan menyebabkan nilai mata uang menurun secara kontinu. Pengaruh inflasi terhadap bisnis global akan memberikan dampak secara menyeluruh pada kenaikan barang.

Resesi Ekonomi Global

Loading...

Pertumbuhan ekonomi melambat akibat inflasi, akan membawa dampak pada kenaikan harga pada komoditas pokok. Kenaikan tersebut akan membawa resesi global, terutama karena kenaikan minyak bumi dan bahan pangan. Apalagi bila hal tersebut menimpa negara yang sedang berkembang atau negara miskin. Seperti Indonesia, masalah kemiskinan masih menjadi isu penting yang harus ditangani oleh pemerintah. Ditambah lagi diperparah dengan kenaikan harga pada kebutuhan pokok melonjak secara signifikan.

Dimana pun, bagi penduduk suatu negara, kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Bila kebutuhan tersebut langka, harganya juga akan melambung tinggi. Akhirnya, masyarakat dengan ekonomi rendah akan terhimpit dengan berbagai beban ekonomi dan membuat mereka semakin tidak berdaya.

Berita mengenai inflasi pada beberapa negara sering bermunculan, sehingga membuat banyak pihak mencari solusi terbaik supaya inflasi segera teratasi. Berita mengenai busung lapar juga terjadi pada beberapa daerah di wilayah Indonesia dan negara berkembang lainnya. Sehingga, membuka fakta sebenarnya dampak yang terjadi akibat inflasi. Sehingga, perkembangan usaha sedikit banyak akan terpengaruh.

Inflasi di Indonesia

Seperti negara berkembang lainnya, kenaikan harga minyak di Indonesia menjadi poin penting penyebab segala kebutuhan naik. Kenaikan minyak mentah dunia menjadi salah satu penyebab utama. Pemerintah kesulitan menyediakan subsidi yang semakin melonjak tajam. Gerak fiskal pemerintah menjadi tidak bebas dan terbatas karena hal tersebut. Penghematan pada beberapa kebutuhan khusus juga diterapkan untuk menekan harga pada barang pokok.

Selain itu, ada penyebab lain terjadinya kenaikan harga, yaitu gagal panen dan tingginya permintaan bahan pokok dari negara lain. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi, kelaparan dan kemiskinan akan semakin meningkat. Sehingga, saat ini Indonesia berusaha meningkatkan produktivitas minyak sawit, untuk menjadi energi alternatif agar tidak tergantung terus dengan energi dari minyak mentah.

Inflasi, di mana pun dan kapan pun akan membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, keuntungan pengusaha bertambah, perputaran barang cepat, kesempatan bekerja bertambah, dan sebagainya. Adapun dampak negatifnya, nilai kepercayaan pada uang berkurang, harga barang naik, dan sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai pengaruh inflasi terhadap bisnis global ini. Semoga berguna bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Alamat Penerbit Mizan Pustaka
Sebelumnya: Perbedaan Patokan Jam Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar