Pengaruh Inflasi Terhadap Perekonomian Indonesia


Isu kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang marak terdengar akhir-akhir ini telah menyebabkan berbagai isu dan spekulasi.

Demo penolakan kenaikan BBM yang terjadi di mana-mana dapat memberikan pengaruh inflasi terhadap perekonomian masyarakat di Indonesia. Inflasi dikategorikan sebagai penurunan nilai mata uang karena terus naiknya harga barang secara umum.

Dampak Inflasi bagi Perekonomian Indonesia

Kenaikan BBM memang memiliki dampak yang sangat besar. Selain ongkos angkutan umum yang diperkirakan akan naik 20%, juga kenaikan bahan pokok yang ikut melonjak. Lalu, apa hubungannya antara bahan pokok dengan BBM?

Seperti yang telah kita ketahui, BBM merupakan kebutuhan yang pokok dan sangat mendasar. Para petani yang panen akan mengangkut hasil panen dengan menggunakan jasa pengangkutan.

Karena BBM naik, maka jasa pengangkutan barang dipastikan akan naik, tentu hal tersebut akan membuat harga hasil panen ikut merangkak naik.

Begitu pun dengan harga bibit yang harus didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia akan ikut naik karena ongkos produksi dan jasa pengangkutan naik. Bibit yang mahal akan membuat hasil panen menjadi jauh lebih mahal.

Maka dari itu, rakyat kecil akan sangat tercekik dengan adanya kebijakan pemerintah ini. Daya beli masyarakat otomatis akan menurun dan memberikan pengaruh inflasi bagi perekonomian.

Banyak perusahaan yang akan gulung tikar karena tak kuat menanggung beban dari inflasi, pengangguran korban PHK juga akan bertambah. Maka dari itu, kebijakan akan kenaikan BBM sebaiknya dikaji ulang, karena akan merugikan rakyat kecil.

Gembar-gembor akan adanya dana bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin tentu dapat menimbulkan peluang baru bagi para koruptor yang saat ini semakin menjamur di pemerintahaan Indonesia.

Jika dana bantuan langsung tersebut memang tepat sasaran tentu masyarakat kecil akan merasa terbantu. Namun, jika kita lihat dari proses yang sudah berjalan beberapa waktu yang lalu, tentu kita akan menemukan beberapa kasus pencucian uang yang merugikan negara.

Pengaruh inflasi terhadap perekonomian Indonesia memang sangat besar, apalagi bagi rakyat kecil. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat hendaknya ikut berperan serta untuk memonitor laju perkembangan kebijakan pemerintah, agar efek yang buruk terhadap rakyat kecil dapat diminimalisasi.

Semoga artikel singkat tentang Pengaruh Inflasi Terhadap Perekonomian Indonesia ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Pengertian Klub Sepak Bola yang Profesional
Sebelumnya: Para Penemu Ilmiah dan Fisika di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar