Pengaruh Kebudayaan Mesir terhadap Kebudayaan Indonesia


Pengaruh kebudayaan Mesir terhadap kebudayaan Indonesia bisa dilihat dari adat istiadat yang masih dilakukan oleh kebanyakan orang di tanah air. Misalnya, orang Jawa mempelajari tanggal lahir dengan weton. Bahkan, acara sekaten dikatakan mendapatkan pengaruh dari Mesir. Orang Mesir kuno sangat pandai melakukan penghitungan astronomi. Hitungan mereka dipakai sebagai penanggalan upacara adat.

Agama Islam Masuk ke Tanah Air dari Mesir

Pengaruh kebudayaan Mesir terhadap kebudayaan Indonesia termasuk bagian dari pemahaman agama Islam. Menurut sejarah, jika agama Islam dibawa masuk oleh orang Gujarat, India, tentunya mazhab yang banyak dipakai di Indonesia adalah mazhab Hanafiah.
Ternyata, hingga saat ini, penganut agama Islam di tanah air lebih banyak menganut mazhab Syafii. Mazhab ini banyak berkembang dan dianut oleh orang-orang Mesir dan orang Makkah. Mungkin, orang Gujarat memang membawa ajaran Islam, tapi mungkin saja mereka tidak sampai memperluas ajaran Islam ke seluruh tanah air.

Pengaruh pada Bangunan dan Agama Lainnya

Bangsa Mesir itu mempunyai peradaban yang cukup maju. Bahkan, pada zaman Mesir kuno, tulisan sudah dikenal. Bentuk tulisan ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Bangsa Indonesia sendiri mengenal beberapa bentuk tulisan. Huruf latin sepertinya mendapatkan pengaruh dari bangsa penjajah yang terlebih dahulu mengembangkan tulisan.

Pengaruh kebudayaan Mesir ini tidak berhenti pada tulisan. Bangunan candi Borobudur dan bangunan candi lainnya dianggap mendapatkan pengaruh dari bangunan piramid di Mesir. Penggunaan batu dan bentuknya yang mengecil di bagian atas terlihat memang memberikan gambaran sekilas seperti piramid.

Umat Nasrani pun mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Mesir. Hingga kini, umat Nasrani di Indonesia itu juga terpengaruh oleh budaya Mesir. Misalnya, mereka akan menyalakan lilin dalam acara tertentu. Penyalaan lilin ini pun sudah lama menjadi praktik bangsa Mesir.

Belum lagi satu keyakinan bahwa singa itu bisa berubah wujud. Orang Mesir sudah mengenal manusia berkepala singa sejak lama. Singa jadi-jadian itu dianggap mempunyai kekuatan luar biasa. Kepercayaan kepada alam ghaib yang bisa mempengaruhi hidup manusia, ternyata merupakan pengaruh kebudayaan Mesir. Jimat dan alat-alat yang dianggap memiliki kekuasaan memberikan kekayaan kepada manusia, semuanya sudah ada pada budaya Mesir.

Bukti-bukti itulah yang membuat pengaruh kebudayaan Mesir terhadap kebudayaan Indonesia terus digali kebenarannya. Fakta-fakta baru itu terkadang tidak mudah diterima, tapi ilmuwan memang menunjukan bukti itu.

Selanjutnya : Pengaruh Makanan Berlemak dan Berkolestrol Tinggi terhadap Kesehatan Tubuh
Sebelumnya: Film Bandung Bondowoso
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar