Pengaruh Peradaban Yunani Kuno Terhadap Peradaban Dunia


Bangsa Yunani kuno adalah bangsa yang besar pada periode Yunani Arkais, dan merupakan peradaban tertua di dunia hingga masuk ke zaman yunani klasik masa keemasan dibawah kepemimpinan negara Athena.

Sebagi salah satu pusat peradaban dunia, Yunani Kuno memberikan pengaruhnya hingga sekarang mulai dari peninggalkan arkeolginya, ilmu pengetahuan, pemerintahan sampai kepada drama dan sastra masih banyak digunakan sebagai pengaruh peradaban Yunani kuno terhadap peradaban dunia.

Peninggalan Yunani Kuno

Peninggalan atau warisan dari peradaban Yunani kuno yang sampai sekarang masih dilakukan oleh semua negara di dunia adalah olimpiade. Sejarah olimpiade pertama kali dilakukan pada tahun 776 SM sebagai bentuk pernghormatan kepada dewa Zeus. Tujuan diselenggarakannya olimpiade sampai sekarang pun masih sama.

Jika zaman Yunani kuno sebagai pemersatu Bangsa Yunani, sekarang olimpiade sebagai salah satu cara pemersatu negara-negara di seluruh dunia. Cabang olah raga yang dipertanding sejak awal sampai sekarang seperti cabang atletik, olahraga berkuda, dan gulat.

Warisan lain dari peradaban Yunani kuno terhadap peradaban dunia adalah ilmu pengetahuan. Saat mempelajari matematika kita mengenal ada rumus phytagoras yang diciptakan sesuai dengan nama penciptanya yaitu Phytagoras.

Seorang ahli matematika yang hidup pada zaman yunani kuno. Ada juga hukum archimedes yang diciptakan seorang ilmuwan bernama Archimedes yang berhasil menciptakan teori gravitasi.

Selain dua ilmuwan tad,i Yunani Kuno adalah rumahnya ilmuwan-ilmuwan besar dunia yang menjadi dasar perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dunia hingga sekarang seperti Hipokrates, Thales, Herodotus dan lain-lain.

Ilmu pengetahuan bukan satu-satu warisan peradaban Yunani yang membawa masyarakat ke peradaban sekarang akan tetapi ilmu pemerintahan negara juga banyak mengadaptasi dari ilmu pemerintahan  yang ditemukan dan diterapkan pada zaman Yunani kuno seperti Aristoteles yang merupakan ahli ketatanegaran yang mencetuskan sistem negara republik, kemudian ada socrates yang dikenal sebagai seorang filsuf yang ajaranya mengenai kesusilaan dan logika masih banyak dipakai sebagai salah satu ilmu dasar filsafat.

Di zaman yunani kuno juga memperkenalkan mengenai sistem pemerintahan yang sampai sekarang sering digunakan oleh negara-negara yaitu demokrasi, tirani dan oligarki.

Itulah sebagian dari pengaruh peradaban Yunani kuno terhadap peradaban dunia yang saat ini masih dapat kita lihat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Generator, Mengubah Energy Mekanik Menjadi Energy Listrik
Sebelumnya: Arti Warna pada Logo Makanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar