Pengaruh Siaran Televisi pada Anak-anak

Dewasa ini stasiun televisi tumbuh di mana-mana. Akibatnya tekhnologi pengaruh siaran televisi  tidak terelakkan lagi. Televisi adalah dampak kemajuan tekhnologi  yang tidak bisa dihindari lagi. Keadaan ini sangat bertolak belakang dengan tahun delapan puluhan yang lalu. Zaman itu televisi hanya didominasi oleh televisi pemerintah, yaitu TVRI. Keberadaannya juga hanya sekedar sebagai corong pemerintah saja.

Dibandingkan dengan kondisi sekarang,  siaran televisi  pada saat itu relatif aman bagi anak. Sedangkan porsi hiburan juga relatif masih terbatas jam siarnya. Namun walau demikian tidak menyurutkan orang untuk memiliki televisi. Ini menunjukkan bahwa televisi adalah sebagai kebutuhan, bukan barang mewah lagi. Televisi sepertinya menjadi sarana yang harus tersedia. Selain sebagai sarana hiburan juga sebagai media informasi.

Semakin menjamurnya stasiun televisi saat ini sangat memanjakan para pemirsanya.  Tayangan apa pun yang disukai tinggal pencet tombol saja. Mau tayangan berita aktual, musik, film, drama, sinetron, olah raga dan yang lain. Bahkan ada beberapa stasiun televisi yang penayangannya sampai 24 jam. Dan yang paling punya banyak waktu menikmati siaran adalah anak-anak. Sedangkan  usia anak-anak adalah usia rentan. Rentan artinya masih sangat mudah menerima pengaruh-pengaruh dari luar terutama dari televisi.

Demi alasan komersial maka alasan edukasi dan etika kadang terlewatkan. Sedangkan anak adalah sebagai pangsa pasar siaran televisi. Karena alasan komersial maka dunia anak menjadi ajang atau pangsa pasar potensial. Masih banyak yang menayangkan hiburan anak pada jam-jam wajib belajar bagi anak. Ini sebagai salah satu pengaruh negatif siaran televisi bagi anak-anak.

Tetapi tidak semua tayangan televisi berdampak buruk  pada anak. Karena masih banyak porsi positif dari tayangan televisi. Dari beberapa stasiun televisi masih memberi porsi siaran edukasi edukasi bagi anak. Dengan media televisi seringkali memudahkan anak untuk mencerna suatu edukasi. Mungkin dengan contoh perilaku dari tokoh film kartun atau yang lainnya.

Tidak mungkin menghindar dari kemajuan media Informasi ini. Televisi tetap menjadi sarana informasi, edukasi dan juga hiburan. Tetapi perlu langkah bijak agar dapat di peroleh sisi positifnya, terutama bagi anak. Berlaku bijak menyikapi keadaan ini adalah dengan melakukan pendampingan, pengawasan dan bimbingan kepada anak. Sehingga pengaruh siaran televisi lebih bernilai positif sebagai sarana edukasi dan hiburan bagi anak.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Paket IM3 Full Service Android
Sebelumnya: Membuat Karya Ilmiah Tentang Manfaat Daun Katuk
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar