Pentingnya Pengaturan Nafas dalam Gerakan Senam


Bagaimana pengaturan nafas dalam gerakan senam? Bernapas merupakan suatu aktivitas yang rutin dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan kehidupannya. Dalam gerak maupun diam kita selalu bernapas. Sementara itu, senam merupakan jenis olahraga yang sarat dengan pergerakan yang elegan. Lantas, apa hubungannya antara napas dengan senam?

Pengaturan Nafas dalam Gerakan Senam

Senam mengharuskan kita untuk bisa mengatur napas. Pengaturan nafas dalam gerakan senam sangat penting untuk diketahui sebagai pola dasar. Dengan menjaga pernapasan maka olahraga yang kita lakukan akan terhindar dari segala serangan yang mengacu ke organ pernapasan.

Manusia yang sering melakukan olahraga, akan memiliki perbedaan dengan yang jarang melakukan olahraga dalam bernapas. Rata-rata manusia akan bernapas 16-20 kali per menitnya dengan napas yang pendek. Namun jika manusia gemar berolahraga, rata-rata mereka dapat bernapas sebanyak 3-4 kali per menitnya dengan napas yang panjang.

Contohnya bisa kita lihat pada gerakan yang mengutamakan pernapasan, yakni senam taichi dan yoga. Kedua olahraga senam tersebut mengutamakan napas dengan menariknya secara perlahan, juga menghembuskan dengan perlahan pula.

Pengaturan napas seperti akan sangat membantu pada paru-paru yang lebih stabil dalam menarik oksigen. Dengan begitu pula pola napas kita akan lebih teratur ketika melakukan hal-hal lainnya, yang mengutamakan kecepatan dalam bernapas.

Pengaturan napas dalam taichi atau pun yoga juga memiliki fungsi yang lain, seperti adanya ketenangan batin atau meditasi. Dengan melakukan hal tersebut maka akan dapat membantu ketenangan untuk pikiran. Batin kita pun akan terasa semakin kuat dan efeknya akan terasa saat sedang menghadapi masalah.

Masih ada beberapa olahraga senam lainnya yang mengutamakan pernapasan dalam setiap gerakannya, yakni aerobik, maitankung, mahatma, satria nusantara, dan masih banyak lagi. Dengan bisa mengolah pernapasna agar tetap baik maka hal itu akan menguatkan tubuh kita agar tetap prima. Suplai oksigen yang masuk akan dengan mudah tertampung oleh paru-paru.

Bahkan ketika kita mampu mengatur napas dengan benar, dalam senam bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa orang lain lakukan. Tengok saja gerakan senam dalam memecahkan kendi, batu bata, es batu, bahkan besi kikir hingga balok kayu pun dapat dengan mudah. Pengaturan nafas dalam gerakan senam dapat membantu kita untuk senantiasa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selanjutnya : Pengertian dan Penyebab Materi Penyimpangan Sosial yang Melanggar Berbagai Norma
Sebelumnya: Jurusan Teknik Penerbangan Pesawat Udara Curug
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar