Pengelolaan Dana Kas Kecil


Pengelolaan dana kas kecil terlihat tidak rumit karena biasanya tidak banyak jenis barang yang dikelola. Hal yang menjadi masalah adalah ketika banyak pengeluaran sehingga harus mengambil dulu dana dari sumber lain. Jika hal ini sering terjadi, bagian keuangan harus rajin mencatat dana pinjaman itu. Bila tidak, akan ada dana yang keluar tanpa ada yang tahu siapa yang mengambil alias tidak ada yang bertanggung jawab.

Membuat Prioritas

Ketika mengelola dana kas kecil, yang harus dilakukan adalah membuat prioritas. Aturan main harus jelas dan semua orang harus tertib. Tidak boleh ada yang melakukan sesuatu di luar standar operasional yang telah ditentukan. Satu orang saja mencoba keluar dari jalur, pencatatan akan kacau. Aliran kas pun menjadi tidak teratur.

Perencanaan yang matang akan membuat dana mengalir pada tempatnya. Dana kas kecil ini biasanya dialami oleh kantor cabang dengan dana operasional yang terbatas. Misalnya, kantor cabang hanya diberi uang per dua mingguan. Dana itu pun diberikan setelah ada pengajuan dari kantor cabang. Jadi, kalau ada penggunaan dana secara mendadak, terpaksa memakai dana dari sumber lain.

Hal ini memang sangat menyusahkan apalagi ketika dana yang dibutuhkan itu benar-benar untuk mengatasi keadaan darurat. Namun, karena peraturan sudah seperti itu, yang bisa dilakukan hanya mengakali keadaan. Uusahakan untuk tidak selalu besar pasak daripada tiang, sehingga tidak ada pengeluaran yang lebih dari 10%-20% dari dana yang telah ditetapkan.

Kalau dana sudah benar-benar tidak bisa dikeluarkan lagi, kegiatan terpaksa dihentikan agar tidak terjadi kebangkrutan dini. Walau begitu, sistem pembukuan yang menggunakan pola Kredit dan Debit tetap harus dilakukan. Sistem ini adalah pembukuan kas yang sangat sederhana.

Catatan yang rapi akan membuat dana bisa terlacak dengan cepat. Yang memegang pengelolaan pembukuan kas ini haruslah orang yang sangat bertanggung jawab. Walau uang yang dikelola tidak banyak, tetap saja uang itu adalah uang perusahaan. Jika ada kesalahan, misalnya uang keluar tidak terlacak, pengelola harus mengganti. Malah bisa saja dianggap melakukan korupsi.

Pengelolaan dana kas kecil ini terkadang serba salah, tetapi harus tetap bertahan dengan keadaan yang ada. Asalkan pembukuan tetap bagus dan rapi, dana kas kecil ini tetap bisa diandalkan.

Selanjutnya : Membuat Bingkai dari Stik Ice Cream
Sebelumnya: Membuat Kegiatan Menarik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar