Pengertia Pajak Menurut Para Ahli

Pengertia pajak secara umum adalah iuran rakyat kepada negara di tempat tinggalnya yang diatur berdasarkan perundangan, pajak sendiri dapat dipaksakan pada seseorang tanpa memperoleh imbalan secara langsung. Pajak yang diambil tersebut digunakan penguasa atau pemerintahan untuk melayani kesejahteraan umum. Dengan kata lain pajak juga akan kembali pada rakyat tapi dengan bentuk lain.

Mengenal definisi pajak cukup penting bagi seorang warga negara. Seperti yang diketahui bahwa negara kita sedang mengalami keterpurukan, sehingga pemasukan negara yang terbesar melalui pungutan pajak. Dapat dibayangkan bila tidak ada pajak yang masuk maka pemerintahan di tanah air tidak bisa berjalan, dan kekacauanpun akan muncul dimana-mana.

Pengertia Pajak

Pajak adalah hak prerogatif dari pemerintah. Sifat pajak pun menjadi wajib pada kalangan tertentu ataupun secara kolektif. Semisal pajak yang dikenakan pada pembelian barang atau jasa, semua orang akan membayar pajak pembelian tersebut suka atau tidak suka.

Menurut para ahli bahwa pajak merupakan iuran masyarakat pada sebuah negara yang didukung oleh perundangan dan bertujuan demi menutupi pengeluaran umum. Karena didasarkan pada undang-undang, maka penarikan pajak berubah menjadi sebuah paksaan tanpa imbalan langsung pada pemberi pajak.

Mengenal Fungsi Pajak

Di sebuah sistem liberal, peran negara untuk mendominasi usaha dan pasar sangat dikurangi. Sehingga menyebabkan negara kurang sumber pendapatan, dan cara untuk menutupi anggaran negara lewat sebuah iuran bersama yang kemudian disebut sebagai pajak. Peran pajak menjadi krusial di tengah-tengah kehidupan bernegara, terutama dalam pembiayaan pembangunan.

Berikut ini beberapa fungsi pajak dalam sebuah kehidupan negara antara lain:

1. Fungsi anggaran
Negara membutuhkan sumber pendapatan agar dapat menutupi anggara pengeluarannya. Peran pajak sebagai pemasukan negara tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain juga menerapkan fungsi pajak sebagai anggaran pemasukannya. Sebab biaya untuk melaksanakan sebuah pembangunan dan pengembangan kehidupan masyarakat tidaklah sedikit.

2. Fungsi pengatur
Lewat pajak yang masuk maka pemerintah dapat mengatur jalannya pertumbuhan perekonomian rakyat. Semisal untuk melindungi para pengusaha dalam negeri, pemerintah menetapkan bea cukai yang cukup tinggi untuk produk dari luar negeri.

3. Fungsi restribusi
Pengambilan pajak tidak ditujukan bagi kalangan tertentu, namun untuk keperluan semua orang dalam negara. Seperti membuka lapangan kerja yang luas bagi semua orang, sehingga pendapatan  masyarakat pun ikut meningkat.

Sampai di sini uraian pengertia pajak beserta fungsinya dalam sebuah negara, dan semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Pengertian dan Penerapan Ijtihad
Sebelumnya: Tujuan Makalah Bimbingan Konseling
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...