Pengertian Administrasi Gudang


Perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk biasanya memerlukan gudang yang luas, bahkan kadang kala lebih dari satu. Gudang tersebut menyimpan berbagai stok produk yang akan dijual dan juga produk yang dihasilkan oleh bagian produksi. Lalu, apakah pengertian administrasi gudang? Apa peranan administrasi dalam gudang? Berikut jawabannya.

Gudang merupakan tempat yang sangat penting karena di sana terletak produk hasil karya perusahaan dengan nilai yang tidak sedikit. Untuk itu, biasanya perusahaan akan melengkapi gudangnya dengan satu atau lebih admin yang bertugas untuk mencatat segala proses yang terjadi di dalam gudang.

Administrasi gudang tersebut berarti mengurus data di dalam gudang, seperti produk yang masuk dan keluar, sisa stock gudang, dan mencatat permintaan barang dari luar. Tanggung jawab administrasi gudang lebih besar daripada administrasi pada umumnya karena admin gudang harus bertanggung jawab terhadap kesesuaian data dengen stock produk yang ada.

Jika terjadi selisih, administrasi gudang harus mengulang catatannya untuk mencocokkan dengan stock barang yang ada. Jika tidak terjadi kecocokan, administrasi gudang harus siap mempertanggungjawabkan selisih tersebut.

Seorang pegawai administrasi gudang diharuskan mencatat segala hal yang terjadi di dalam gudang di komputer. Biasanya admin tersebut menggunakan software tertentu yang bersifat realtime atau online, sehingga jumlah barang yang masuk dengan barang yang keluar langsung dapat terlihat dan ter-update.

Selain menggunakan sistem komputerisasi, pencatatan juga dilakukan secara manual untuk menghindari terjadinya data yang hilang, error, tidak ter-update dan untuk meminimalisasi terjadinya selisih antara data dengan stock gudang.

Bagi Anda yang berniat melamar kerja pada posisi ini diharapkan lebih teliti dan gesit dalam perhitungan barang di gudang. Hal tersebut diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya selisih yang mengakibatkan Anda harus bertanggung jawab penuh terhadapnya. Bukankah tujuan Anda bekerja untuk mendapatkan penghasilan, bukan untuk mengganti kerugian akibat barang yang hilang

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian administrasi gudang dan trik agar tidak terjadi selisih. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin melamar kerja pada bidang ini.

Selanjutnya : Siapa Saja yang Punya Nama Twitter Unik?
Sebelumnya: Menghitung Nisab Zakat Uang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar