Mengenal Pengertian Aki dan Jenis-jenis Aki

Kata aki berasal dari kata accu yang merupakan kependekan dari accumulator. Pengertian aki sering disamakan dengan pengertian baterai karena dua benda tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penyedia tenaga listrik. Hanya saja bahan isi, penggunaan, dan kapasitas aki sangat jauh berbeda dengan baterai.

Aki berisikan bahan kimia berupa larutan kimia H2SO4. Larutan ini mampu menyimpan energi listrik dan menyalurkannya untuk menghidupkan atau mengaktifkan peralatan kelistrikan. Aki lebih banyak digunakan untuk kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor. Dari sinilah sumber energi listrik yang dipakai untuk menghidupkan mesin, menyalakan lampu, central lock, power window, dan sebagainya.

Loading...

Aki Mobil

Sebuah aki mobil terdiri dari sejumlah sel anoda dan sel katoda yang disusun sejajar. Sel anoda berupa elektroda Pb, sementara sel katoda berupa PbO2. Jumlah sel pada aki menunjukkan kapasitas kelistrikannya. Satu sel rata-rata mampu menghasilkan tegangan sebesar 2 volt. Umumnya aki mobil memiliki sel sebanyak 6 buah. Itu artinya aki tersebut memiliki kapasitas 12 volt.

Bahan kimia dalam aki mampu menyimpan energi listrik sehingga bisa diisi ulang ketika dayanya mulai turun. Menurunnya kemampuan aki bisa dilihat dari berbagai ciri, misalnya lampu menyala redup, suara klakson tidak sekeras biasanya, dan sebagainya. Bila kondisinya masih bagus, aki dapat diisi ulang dan fungsinya kembali normal. Namun, aki memiliki umur ketahanan terbatas dan jika tidak bisa diperbaiki akan mengalami kerusakan. Jadi, aki tidak bisa dipakai selamanya dan harus diganti dengan yang baru.

Jenis Aki

Aki kendaraan yang biasa dipakai terdiri dari tiga jenis, yaitu aki basah, aki kering, dan aki hybrid. Ketiganya memiliki fungsi yang sama dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Aki basah mudah dikenali dengan adanya cairan di dalamnya. Di atasnya terdapat semacam katup atau tutup untuk memasukan cairan. Karena berbentuk cairan, isi aki mudah menguap sehingga perlu diisi ulang.

Aki kering mudah dibedakan dari aki basah karena tampilannya pun berbeda. Aki kering lebih sederhana karena tidak memiliki katup ataupun lubang pengisian. Bahan isinya tidak berupa cairan, melainkan berupa gel sehingga tidak terjadi penguapan dan tidak perlu diisi ulang. Sedangkan aki hybrid lebih menyerupai aki basah, namun memiliki lapisan anti-penguapan yang bisa mencegah proses penguapan cairan aki. Lambatnya penguapan ini bermanfaat pada berkurangnya kebutuhan pengisian ulang.

Demikian informasi mengenai pengertian aki. Aki merupakan elemen penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang aki dan jenis-jenisnya.

Loading...
Selanjutnya : Mengulas Pengertian Content dalam Website
Sebelumnya: Penularan Virus Hepatitis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar