Pengertian Alat Musik Rebab


Rebab adalah salah satu jenis alat musik ansambel yang berasal dari Timur Tengah. Rebab telah menjelma menjadi alat musik tradisional hampir di seluruh dunia diduga sebagai salah satu dampak penyebaran Islam di kawasan tersebut. Sebut saja Indonesia, Malaysia, China, hingga Spanyol adalah contoh negara yang memiliki alat musik tradisional yang mirip dengan rebab dan diduga alat musik tersebut memang rebab yang berasal dari negara Islam, seperti Turki dan Persia. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas mengenai pengertian alat musik rebab beserta fungsi dan penggunaannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alat musik rebab adalah alat musik gesek menyerupai biola yang memiliki dua atau tiga senar. Pemain rebab biasanya berposisi di belakang rebab, pemain menggesek senar-senar rebab dengan cara memangku atau menegakkannya di lantai.

Rebab sering dikaitkan dengan biola, padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, seperti bentuk, ukuran alat, rentang nada dan posisi pemainnya. Rebab juga memiliki penggesek yang melengkung seperti busur panah, tidak lurus dan tipis layaknya pada biola atau cello.

Rebab memiliki bentuk tubuh ramping yang tegak. Leher untuk meletakkan senar juga tipis dan ramping serta lebih panjang daripada badannya. Badannya sendiri berbentuk bulat dan kecil, ada yang berbentuk hampir seperti segitiga sama sisi ada juga yang bulat menyerupai tempurung kelapa.

Rebab memiliki rentang nada yang cukup luas, hanya satu oktaf di bawah biola. Suara yang khas, oleh sebab itu biasanya digunakan untuk mengiringi sinden bernyanyi atau sering pula dimainkan solo tanpa penyanyi.

Di Asia Tenggara, alat musik rebab banyak dijumpai mengiringi pertunjukan musik tradisional. Di Indonesia sendiri alat musik Rebab memiliki kesamaan bentuk dengan rebab sederhana yang berasal dari Mesir, sedangkan di Malaysia dan Thailand memiliki bentuk yang lebih termodifikasi.

Pengertian alat musik rebab di dunia seni pertunjukan dewasa ini bukan hanya pengiring dan bentuk pelestarian alat musik tradisional, karena meski kedudukannya tak sepopuler masa kegemilangan Islam karena tergeser dengan alat musik lain seperti biola, rebab tetap ada dan bertransformasi menjadi lebih modern seperti alat musik lainnya.

Dengan demikian, rebab tidak hanya menjadi simbol kegemilangan masa lalu, namun juga penyumbang ramainya variasi musik era modern.

Selanjutnya : Definisi Hukum Gauss Dan Turunannya (Fluks Listrik)
Sebelumnya: Agama Para Artis Hollywood Scientology
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar