Pengertian Analisa Data Menurut Arikunto


Metode penelitian yang diterapkan dalam masyarakat tidak hanya diaplikasikan untuk ilmu alam namun juga terhadap fenomena sosial yang terjadi. Gejala sosial yang terjadi belakangan ini menyebabkan perlunya dilakukan penelitian demi mengatasi permasalahan yang terjadi dan mencari penyebab dari fenomena yang terjadi dengan harapan penelitian tersebut memberikan sejumlah data dan saran untuk menunjang proses penyelesaian masalah. Oleh karena itu banyak pakar yang melakukan berbagai penelitian misalnya Arikunto. Artikel ini akan membahas pengertian analisa data menurut Arikunto.

Beberapa pakar penelitian di bidang sosial dan geografi mendefinisikan analisa data metode penelitian sosiologi sesuai pemahaman teoritis masing-masing. Suharsimi Arikunto misalnya mendefinisikan metode penelitian sebagai cara yang diaplikasikan oleh peneliti atau ilmuwan dalam mengumpulkan data penunjang penelitian. Dalam melakukan penelitian diperlukan alat bantu dan fasilitas untuk proses pengumpulan data, hal inilah yang disebut sebagai instrument penelitian.

Menurut Arikunto instrument penelitian dapat dibedakan menjadi :

  1. Instrument penelitian berupa tes atau soal tes
  2. Instrument penelitian berupa metode angket dan kuesioner
  3. Instrument penelitian berupa check list
  4. Instrument penelitian berupa pedoman observasi

Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik pengumpulan data dan instrument penelitian merupakan sebuah proses untuk mengungkap berbagai gejala dan fenomena sosial di tengah masyarakat melalui langkah analisa.

Pengertian analisa data menurut Arikunto adalah memanfaatkan data yang terkumpul untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah suatu fenomena sosial yang terjadi. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif artinya data terkumpul dalam bentuk deksriptif yaitu berupa dokumen, artefak, catatan di lapangan saat pengamatan dilaksanakan sehingga analisa data dapat dilakukan pada saat itu juga.

Teknik pengumpulan data secara kuantitatif merupakan proses pengumpulan data yang berbentuk variable dan bersifat angka-angka statistik. Biasanya diaplikasikan dalam bentuk mengumpulkan jawaban dari angket atau kuesioner yang disebar secara acak atau wawancara pada pihak-pihak tertentu.

Menurut Arikunto perbedaan teknik penelitian kuantitatif dan kualitatif tidak hanya terletak pada teknik pengumpulan data namun juga pada beberapa hal berikut ini.

  1. Penelitian kuantitatif menetapkan subyek penelitian dan sampel sejak awal sementara penelitian kualitiatif mencari sumber data dan sampel sambil jalan
  2. Penelitian kuantitatif dapat menggunakan pendekatan populasi dan sampel sementara penelitian kualitatif tidak dapat
  3. Penelitian kuantitatif dapat mendesain langkah penelitian dan hasil yang diharapkan sementara penelitian kualitatif desain penelitian bersifat fleksibel dan hasil akhir penelitian tidak dapat diperkirakan sebelumnya.
  4. Pengumpulan data pada penelitian kuantitatif dapat dibantu pihak ketiga (misalnya dalam proses menyebar angket dan kuesioner) sedangkan pada penelitian kualitatif data yang valid adalah data yang didasarkan pada observasi peneliti itu sendiri (foto, pengamatan langsung, mengumpulkan dokumen dan catatan penting).

Perbedaan mendasar pada teknik penelitian kualitatif dan kuantitatif ini menyebabkan perbedaan dalam hak pengolahan data. Jika penelitian kualitatif dapat mengolah bersamaan dengan terkumpulnya dokumen, foto dan catatan-catatan penting maka penelitian kuantitatif harus menunggu proses pengumpulan angket dan kuesioner terkumpul untuk bisa menarik sebuah kesimpulan terhadap suatu rumusan masalah.

Demikian penjelasan mengenai pengertian analisa data menurut Arikunto. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Membuat Ilustrasi Dengan Photoshop CS3
Sebelumnya: Penelitian Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar