Pengertian Analisis


Sebuah lembaga atau pun perusahaan haruslah memiliki strategi manajerial salah satunya menguasai pengertian analisis lebih dulu. Dengan merumuskan strategi ini, perusahaan atau pun lembaga tersebut dapat mengetahui sejauh mana kekuatan dan kelemahannya. Strategi ini dapat dilakukan melalui analisis SWOT. Sebelum membahas analisis SWOT, maka kita harus mengetahui dulu apa itu SWOT.

SWOT adalah singkatan dari Strength yang berarti kekuatan, Weaknesses yang artinya kelemahan, Oportunities yang berarti kesempatan, dan Threats yang memiliki arti ancaman atau kendala.

Analisis SWOT sendiri adalah metode sistematis yang digunakan untuk menyusun sebuah strategi pada suatu lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuannya, baik dalam lingkup internal maupun eksternal, dan bukan hanya untuk jangka pendek melainkan juga untuk jangka panjang. Sehingga dengan melakukan analisis SWOT, suatu lembaga atau perusahaan dapat mengetahui apa dan sejauh mana kekuatan dan kelemahannya, dan juga mengetahui apa dan sejauh mana kesempatan dan ancaman atau kendala yang dialaminya.

Berkaitan dengan program jangka panjang dan jangka pendek, maka analisis tersebut dapat dibagi menjadi dua, yaitu untuk program jangka pendek, maka analisis yang paling tepat dilakukan dan diketahui adalah Weaknesses (kelemahan) dan Threats (ancaman/kendala). Sedangkan untuk program jangka panjang, yang paling tepat diketahui dan dilakukan adalah Strength (kekuatan) dan Oportunities (kesempatan).

Pengalaman penulis dalam menerapkan analisis SWOT ini adalah dalam lingkup pendidikan. Dengan menggunakan strategi ini, penulis jadi mengetahui bahwa kekuatan lembaga pendidikan kami adalah adanya guru-guru yang berkualitas dan berkompeten, kurikulum yang terintegerasi (integrated curiculum) termasuk kurikulum karakter, dan sumber dana yang memadai.

Kelemahannya adalah terletak dari sistem yang belum terbentuk secara baik. Kesempatan dan peluang bagi lembaga kami adalah adanya jenjang yang berkesinambungan, yaitu dari tingkat TK sampai SMA, sehingga kami tidak khawatir akan kekurangan siswa.

Sedangkan ancaman dan kendala dari kami di antaranya adalah banyaknya sekolah yang “setipe” dan mirip dengan lembaga pendidikan kami, proses keluar masuknya guru yang sangat cepat. Maksudnya guru yang diterima dengan guru yang mengundurkan diri sering terjadi, sehingga menyebabkan tidak/belum maksimalnya proses pembelajaran. Sehingga sangat penting bagi pemilik usaha agar tahu pengertian analisis secara komprehensif.

Selanjutnya : Khutbat Jumat Islam tentang Hidup Sederhana
Sebelumnya: Berbagai Jenis Makanan Olahan dari Ubi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar