Tentang Pengertian Atletik


Pengertian atletik adalah berbagai cabang olahraga yang digabung menjadi satu kesatuan olahraga  lari, lempar lembing, tolak peluru lempar cakram, lompat jauh, lompat tinggi dan olahraga lain yang sejenis. Berbagai cabang yang ada pada atletik sering dilombakan termasuk dalam perlombaan kelas dunia.

Atletik ini merupakan cabang olahraga yang pertama  diperlombakan pada pergelaran Olimpade di tahun 776 sebelum masehi. Bila dihitung-hitung sudah tua benar cabang atletik ini. Atletik juga bisa dikatakan sebagai olahrga ketahanan tubuh, kecepatan, kekuatan serta kecerdasan.

Kecepatan ini terlihat pada cabang atletik pada olahraga lari, dimana siapa yang paling cepat mencapai finis dia lah yang keluar sebagai pemenang.

Kekuatan tubuh terlihat pada olahraga lompat jauh  harus mempunyai kekuatan tubuh yang prima agar menjangkau garis  yang pajang. Ketahanan tubuh ini terlihat pada olahraga maraton, pelari harus berlari lebih dari 10 kilometer.

Kecerdasan juga dibutuhkan pada seorang olahraga atletik ini tampak pada lomba tolak peluru, dimana kekuatan pikiran dan konsenterasi sangat dibutuhkan untuk mencapai sasaran dengan tepat dan keluar menjadi seorang juara.

Cabang Olahraga Atletik

Cabang-cabang olahraga yang termasuk dalam atletik ini cukup banyak dan beragam jenisnya. Sebagian besar mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita atau mungkin menjadi tontonan favorit saat perlombaan sedang berlangsung pada event-event seperti Sea Games, PON dan sebagainya.

•    Ada lomba lari lintasan

Ada lomba lari lintasan, biasa lomba lari ini bisa dilakukan dalam gedung atau lapangan terbuka yang telah didesain khusus. Dimana para pelari harus melewati lintasan tersebut sampai pada garis finis Kategori lomba lari lintasa ada 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

•    Lari berintang

Pada perlombaan ini biasa ada rintangan yang harus dilewati oleh pelari sebelum sampai ke garis finis, bisa ada  penghalang yang berbentuk besi yang harus diloncat oleh pelari  dan bisa juga pelari harus melintas sungai terlebih dahulu.

•    Lari Jalanan

Lari meraton termasuk lari jalanan karena lari ini dilakukanan dijalanan.Jarak yang harus ditempuh oleh pelari  kategori 10 Km, 20 Km, 30 Km. Ini membutuhkan stamina yang cukup untuk mencapai garis akhir.

•    Olahraga Lempar

Ada jenis olahraga lempar yaitu ada olahraga tolak peluru, lempar peluru, lempar lembing dan lempar cakram.

•    Olahraga Lompat

Ada jenis olahraga lompat  yang termasuk dalam olahraga ini ada lompat tinggi, lompat galah dan lompat jauh.

Selanjutnya : Cara Menghilangkan Trauma KDRT
Sebelumnya: Cara Memasukkan Read More dalam Blog
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar