Pengertian Ayat dalam Alquran


Alquran adalah kitab yang membimbing hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan yang sejati baik kebahagiaan di dunia maupun kebahagiaan di akhirat nanti. Alquran terdiri atas ayat-ayat di dalamnya. Pengertian ayat dalam Alquran secara etimologi bisa ditafsirkan banyak makna.

Ayat bisa berarti mukjizat sebagaimana dijelaskan dalam QS Al-Baraqah (2):21. Ayat juga diartikan sebagai tanda atau alamat seperti termaktub dalam QS Al-Baqarah (2):248 atau berarti pelajaran sebagaimana dijelaskan dalam QS Hud (11):103. Sedangkan menurut QS Al-Mu’minun (23):50, ayat berarti sesuatu hal menakjubkan dan sesuai dengan QS Al-Rum (30):22 ayat diartikan sebagai bukti dan dalil.

Sementara secara terminologi arti ayat adalah bagian terpendek atau terkecil dari surat dalam Alquran. Ayat terdiri atas satu atau sederet huruf serta kalimat yang memiliki arti. Dilihat dari pengertian-pengertian ayat baik secara etimologis maupun terminologis, arti ayat masih memiliki relevansi sangat kuat.

Lantaran sesungguhnya ayat-ayat Alquran merupakan mukjizat dari Nabi Muhammad saw. Ayat juga merupakan tanda ataupun alamat yang memperlihatkan kebenaran akan kenabian Muhammad saw. Selain itu, ayat mengandung pelajaran serta peringatan terhadap semua manusia.

Di dalam ayat sendiri memuat hal-hal sangat mengagungkan serta menakjubkan. Hal itu dipertegas dengan kenyataan bahwa bersatunya kelompok kalimat, kata dan huruf dalam ayat menjadi dalil atau bukti ke-Mahabesaran dan ke-Mahakuasaan Allah Swt.

Ayat di dalam Alquran dapat digolongkan ke dalam dua bagian, yaitu ayat Makiyah dan ayat Madaniayah. Ayat Makiyah diturunkan kepada Rasulullah sebelum Rasul hijrah ke Madinah. Ciri-ciri ayat Makiyah dimulai dengan ungkapan “ya ayyuhannas”, umumnya: berceritakan Nabi serya umat-umat terdahulu, bercerita Nabi Adam serta iblis, ayat-ayatnya pendek-pendek dan terdapat huruf alif (pemisah), serta membahas tentang aqidah.

Sedangkan ayat Madaniah turun setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Ciri-cirinya dimulai dengan kalimat “ya ayyuhalladzina amanu”, membicarakan orang-orang munafik, mengangkat masalah hukum dan muamalah, serta mengulas perdebatan ahli kitab. Demikian sedikit ulasan terkait dengan pengertian ayat dalam Alquran. Semoga dapat bermanfaat dan menambah kualitas keimanan kita.

Selanjutnya : Pantai Kuta - Tujuan Wisata Favorit Pasa Turis
Sebelumnya: Dampak Positif Dan Negatif Menonton Tv Bagi Anak-Anak Dan Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar