Pengertian Bahorok – Antara Angin dan Daerah di Indonesia


Ada yang pernah mendengar kata Bahorok? Adakah yang ingat dengan artinya? Pengertian bahorok bisa dibagi menjadi dua, yaitu nama angin dan nama daerah di Indonesia. Dalam nama angin, bahorok merupakan salah satu jenis dari angin jatuh yang memiliki sifat panas dan kering. Oleh karena itu, membuat rusak beberapa tanaman yang ada di daerah Deli, Sumatera Utara. Tanaman tersebut salah satunya adalah tembakau.

Ada beberapa angin yang termasuk dalam jenis angin bahorok, yaitu angin wambraw yang terjadi di daerah Biak Irian Jaya, angin kumbang yang terjadi di Cirebon Jawa Barat, angin gending terjadi di  Pasuruan Jawa Timur, serta angin Brubu yang terjadi di Makasar, Pulau Sulawesi.

Angin bahorok merupakan salah satu jenis angin fohn yang daerah tiupannya adalah dataran rendah di Deli Utara, Sumatera Utara. Nama angin bahorok diambil dari suatu daerah yang terletak di sebelah barat barat laut kota medan, yang bernama bahorok pula.

Pengertiaan selanjutnya dari Bahorok adalah nama sebuah daerah di Indonesia. Bahorok merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Sebagian dari wilayah ini ada di dalam sebuah taman nasional bernama Gunung Leuser yang termasuk ke dalam Bukit Lawang.

Bahorok adalah kecamatan yang berbatasan langsung dengan NAD atau provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Di sana hanya ada satu buah SMU dan lima buah SMP Negeri. Zaman dahulu Kecamatan Bahorok dikenal dengan salah satu bagian dari Kesultanan Langkat yang setingkat dengan negara bagian. Kedudukan kesultanan ini ada di Binjai, dengan pimpinannya bernama Tengku Pangeran Adil.

Penduduk kecamatan ini sebagian besar adalah Suku Melayu, yaitu sebanyak 40 persen. Kemudian Suku Karo Melayu atau Karo Islam sebanyak 30 persen, lalu Batak karo sebanyak 20 persen, Suku Jawa sebanyak 7 persen serta sebagian kecil suku lainnya.

Itulah dua pengertian bahorok, bisa berupa nama angin, bisa juga nama daerah. Namun, keduanya sebenarnya sama saja. Angin bahorok diberi nama demikian, karena berasal dari kecamatan Bahorok. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Memahami Pengertian Kedaulatan Rakyat Secara Umum
Sebelumnya: 10 Lagu Jepang Top Terpopuler
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar