Pengertian Barang Komplementer


Apa pengertian barang komplementer? Barang komplemeter adalah bahan atau produk yang bisa digunakan dalam hubungan dengan barang lain, dengan penggabungan penggunaannya sering membantu untuk terciptanya tambahan permintaan untuk kedua barang tersebut.

Barang Komplementer

Biasanya, penggunaan kedua barang ini memberikan utilitas tambahan dan kepuasan bagi konsumen, sehingga menguntungkan untuk melanjutkan pembelian barang kedua barang tersebut dalam jangka panjang. Salah satu manfaat yang terkait dengan produksi barang komplementer yaitu permintaan akan meningkat bersamaan dengan permintaan untuk bahan terkait.

Konsep barang komplementer berbeda dari barang pengganti. Dalam istilah pengganti, fokusnya adalah untuk mengganti penggunaan sebuah produk dengan produk berbeda yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan yang sama.

Dalam skrenario ini, tidak ada kebutuhan untuk produk pendamping untuk meningkatkan permintaan. Hanya keinginan untuk mengambil pangsa pasar dari kompetitor dan menghasilkan penjualan tambahan untuk barang pengganti.

Sebaliknya, barang komplementer sering dirancang untuk mendorong konsumsi lebih besar dari produk terkait, strategi yang pada akhirnya lebih banyak penjualan dan keuntungan yang lebih besar bagi kedua barang yang terlibat.

Salah satu cara termudah untuk memahami apa pengertian barang komplementer adalah berpikir dalam istilah produk yang sering digunakan bersama untuk menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih besar. Contohnya, jely dapat dianggap sebagai barang komplementer untuk selai kacang, karena penggunaan keduanya sangat populer di sejumlah kebudayaan dan pengaturan makanan.

Dengan cara yang sama, salad kentang dapat dianggap melengkapi untuk pembelian ayam goreng, karena keduanya sering dipandang sebagai makanan ideal untuk piknik. Bensin dapat dianggap sebagai barang komplementer untuk penggunaan sebuah mobil, karena bensin memungkingkan untuk menikmati tingkat yang lebih besar dati utilitas kepemilikan kendaraan.

Banyak kasus, tingkat keuntungan dari barang komplementer secara langsung diasosiasikan dengan popularitas sebuah barang terkait. Selama permintaan tinggi untuk barag terkait, terdapat kesempatan yang baik bagi barang komplementer juga akan menikmati penjualan dan menghasilkan pendapatan yang cepat bagi produsen.

Ketika permintaan untuk barang terkain mulai berkurang, tidak jarang pulan untuk penjualan barang komplementer juga menderita, terkecuali produsen dapat meyakinkan konsumen bahwa produknya juga bisa digunakan bersama dengan beberapa barang lain yang pada saat ini sedang banyak dipergunakan oleh konsumen.

Selanjutnya : Pertimbangan Harga Kursi Teras Besi untuk Rumah Minimalis
Sebelumnya: Gosip Artis Terheboh di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar